Sinergi Atasi Banjir di Lima Kabupaten Kalbar

  • Whatsapp


RRI, Sintang: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus kembali ikut berkeliling mengantar salah satu menteri Republik Indonesia yang kembali memantau kondisi banjir di Sintang, kali ini Mochamad Basoeki Hadimoeljon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melihat situasi di kota Sintang, Ia memantau beberapa lokasi di Kecamatan Sintang yang masih terendam banjir pada, Kamis (18/11/2021).

Bacaan Lainnya

Kepada awak media, di kawasan Simpang Lima, Lasarus Ketua Komisi V DPR RI yang mendampingi kunjungan kerja Menteri PUPR menyampaikan bahwa perlu adanya sinergisitas RRI.MY.ID pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengatasi banjir ini termasuk memastikan mengatasi penyebab banjirnya.

“Mengatasi banjir ini, tidak bisa hanya diserahkan kepada Kementerian PUPR, tetapi juga bersinergi dengan pemerintah daerah. Sinergisitas daerah dan pusat sangat penting dalam mengatasi banjir ini,” kata Lasarus.

“Ada beberapa hal yang menjadi kewenangan pemerintah daerah juga. Dalam mengatasi banjir ini, kita tidak hanya menyelesaikan banjirnya tetapi juga penyebab banjirnya. Ibarat penyakit, kita tidak hanya menyembuhkan penyakitnya, tetapi juga mencari penyebab sakitnya,” tambahnya.

Lasarus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri PUPR atas kesediaanya berkunjung ke Sintang. Paling tidak kata Lasarus, Menteri PUPR sudah melihat langsung kondisi banjir dan kebutuhan pasca banjir.

“Penyebab banjir juga harus kita sentuh, kalau tidak disentuh, akhirnya seperti salah makan obat nanti. Saya rasa kerjasama pusat dan daerah harus dilakukan untuk program jangka panjang.

Lasarus berjanji akan mencari solusi untuk mengatasi banjir ini, baik pasca banjir maupun memastikan penyebab banjirnya juga bisa diatasi.

“Sekarang kita memikirkan dampak banjir ini, seperti jalan yang rusak. Berapa banyak bangunan yang rusak, pasti pemerintah daerah akan mendata semuanya. Ada kewenangan pemerintah pusat dan ada kewenangan pemerintah daerah,” tukas Lasarus.(Dby)





Sumber : https://rri.co.id/tanggap-bencana/1263635/sinergi-atasi-banjir-di-lima-kabupaten-kalbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan