Hujan, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas Paling Tinggi

  • Whatsapp


RRI.MY.ID – Kesiapsiagaan terhadap bencana ditingkatkan memasuki musim hujan. Salah satunya adalah dengan pemantauan 24 jam dari Command Center (CC) 112. Selama musim hujan, kewaspadaan ekstra diberikan pada objek vital untuk mengatasi genangan seperti rumah pompa.

Bacaan Lainnya

Operator telepon di CC 112 tampak tidak pernah mengalihkan pandangannya dari layar komputer. Ada 2–3 monitor di hadapan setiap petugas. Pemantauan grup komunikasi siaga hingga media sosial yang meng-update info kejadian tidak pernah luput dari pantauan mereka.

Di ruangan itu, bunyi telepon bersahutan. Begitu juga laporan yang masuk lewat HT (handie-talkie). Respons cepat petugas diperlukan untuk segera menanggapi laporan masyarakat.

”Tiap hari paling tidak 2.600 panggilan masuk. Itu belum laporan yang dari HT. Selama musim hujan ini paling banyak soal kecelakaan dan pohon tumbang,’’ ujar Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Arif Sunandar.

Arif menyatakan, rata-rata saat cuaca normal, jumlah laporan kecelakaan hanya di bawah 10 per hari. Namun saat hujan, jumlahnya meningkat. Yakni, 10–15 laporan kejadian kecelakaan yang membutuhkan bantuan penanganan medis.

Dia mengatakan, saat menerima laporan kecelakaan, informasi tersebut langsung diteruskan ke posko terdekat untuk pertolongan awal sambil menunggu respons dari Tim Gerak Cepat (TGC). Dia memastikan pertolongan petugas dalam waktu kurang dari 15 menit.

”Jadi, petugas yang datang lebih dulu turut memastikan kondisi daruratnya bagaimana? Apa saja yang diperlukan? Nanti laporan ke CC 112 dan ditindaklanjuti lagi,’’ katanya.

Selama musim hujan ini, selain kecelakaan, laporan terbanyak adalah pohon tumbang. Setiap posko darurat dibekali dengan gergaji mesin. Begitu pula, kecamatan dan kelurahan sudah dibekali pelatihan untuk penanganan kedaruratan, seperti pemakaian gergaji tersebut.

Arief menambahkan, melalui CC 112 room itu pulalah petugas selalu memantau kondisi setiap rumah pompa. Total ada 68 titik rumah pompa yang sudah dipasangi CCTV. Fungsinya mendapat gambaran secara real time terkait kesiapan pompa itu.

”Ini juga poin penting. Saat ada sampah yang mulai menumpuk, kami ingatkan petugas untuk segera mengangkut dan mengurangi sumbatan pada jalur buangan air. Lalu saat debit air tinggi, kami meminta pompa bisa dimaksimalkan,’’ ujarnya.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/surabaya/18/11/2021/hujan-laporan-kecelakaan-lalu-lintas-paling-tinggi/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan