Dikabarkan Masuk Bursa Calon Pangkostrad, 5 Fakta Menarik Maruli Simanjuntak

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Pelantikan Letjen Dudung Abdurrachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), membuat kursi Panglima Korps Cadangan Strategis (Pangkostrad) yang sebelumnya diduduki Letjen Dudung kosong. Kini, beberapa nama pun dikabarkan akan siap menjadi pengganti Letjen Dudung Abdurrachman untuk mengisi jabatan Pangkostrad.

Bacaan Lainnya

Salah satu nama yang mencuat di publik adalah Mayjen Maruli Simanjuntak. Mayjen Maruli Simanjuntak disebut-sebut merupakan calon terkuat yang akan menjabat sebagai Pangkostrad.

Berikut beberapa fakta penting sosok Maruli Simanjuntak, yang disebut calon terkuat Pangkostrad.

1. Biografi singkat Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, pada 27 Februari 1970. Karier militernya dimulai usai ia lulus di Akademi Militer pada tahun 1992 lalu.  

2. Karier militer Maruli Simanjuntak

Karier Maruli Simanjuntak di militer cukup moncer. Beberapa posisi strategis pernah ia jabat. Jabatan pertamanya dimulai pada tahun 2002 lalu, saat ia menjabat sebagai Komandan Detasemen Tempur Cakra.

Nama Maruli Simanjuntak kemudian mulai dikenal publik, setelah ia menjabat sebagai Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) pada tahun 2017-2018.

Masih di tahun 2018, Maruli kemudian ditarik ke Jawa Tengah, dengan menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Dipenogoro.

Tidak berselang lama, Maruli kembali diundang  bertugas di Istana dengan menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2018-2020.

3. Jabatan terakhir Maruli Simanjuntak

Sebelum ramai kabar dirinya bakal menggantikan Letjen Dudung Abdurrachman sebagai Pangkostrad, Maruli Simanjuntak masih menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, dari tahun 2020 hingga sekarang.

4. Menantu Luhut Binsar Pandjaitan

Tidak hanya memiliki karier militer yang baik, Maruli Simanjuntak juga memiliki hubungan keluarga dengan para petinggi TNI. 

Sebagaimana diketahui, Maruli merupakan menantu dari Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, yang sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

5. Anak Maruli Simanjuntak sempat menjadi sorotan publik

Sebelumnya, anak dari Maruli Simanjuntak, Faye Simanjuntak sempat menjadi perbincangan publik, setelah ia masuk dalam Forbes Indonesia 30 Under dalam bidang Social Enterpreuner and Philanthropy. 

Faye sendiri merupakan pendidi dari Yayasan Rumah Faye, yang fokus dengan isu perlindungan anak.

Itu dia beberapa fakta menarik sosok Maruli Simanjuntak, sosok yang disebut-sebut calon terkuat Pangkostrad. []





Sumber : https://RRI.MY.ID/dikabarkan-masuk-bursa-calon-pangkostrad-5-fakta-menarik-maruli-simanjuntak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan