Nyaris Pensiun Sebelum Kalahkan Kento Momota di Olimpiade

  • Whatsapp


RRI.MY.ID – Sejak secara mengejutkan mengalahkan pebulu tangkis nomor 1 dunia Kento Momota di Olimpiade Tokyo 2020, nama Heo Kwang Hee terus mencuat ke ranah publik. Performanya pun menunjukkan perkembangan cukup baik setelah berhasil menembus babak semifinal Prancis Terbuka 2021.

Bacaan Lainnya

Sebelum akhirnya ditaklukkan Chou Tien Chen (Taiwan) di babak empat besar pada Sabtu (30/10) kemarin, Kwang Hee sudah beberapa kali unjuk gigi. Ia membantu Korea Selatan lolos ke babak semifinal Piala Sudirman dan meraih medali perunggu, dan membawa timnya sampai ke babak perempat final Piala Thomas 2021, di mana ia kembali mengalahkan Momota sebelum timnya kalah 2-3 dari Jepang.

Kwang Hee, 26, sebetulnya merupakan salah satu atlet yang menjanjikan. Ia pernah meraih gelar Juara Dunia Junior pada 2013 lalu.

Namun, performanya seperti redup seketika setelah ia menginjak usia senior. Duduk di ranking 35 dunia, nyaris tidak ada yang menyadari keberadaannya, sampai akhirnya ia membuat kejutan di Tokyo pada Agustus lalu.

Dilansir dari laman BWF, Kwang Hee mengatakan bahwa kemenangannya atas Momota tersebut seperti menjadi titik balik karirnya.

“Aku seperti lahir kembali setelah Olimpiade. Sekarang, aku merasa mental dan pikiranku betul-betul fresh di setiap laga yang ku jalani,” ujar Kwang Hee yang juga menceritakan bahwa menjelang Olimpiade Tokyo 2020, ia berlatih begitu keras hingga bobot tubuhnya turun 10 kilogram.

Kwang Hee lalu menuturkan bagaimana ia sempat dirundung keputusasaan dalam karirnya. Opsi pensiun dini pun diakui sempat lewat di benaknya.

“Setelah menjuarai Kejuaraan Dunia Junior 2013, performaku betul-betul menurun. Tubuhku tidak mau bekerja sesuai dengan keinginan pikiranku. Rasanya mau menyerah saja karena rasanya aku sudah tidak mampu lagi. Tapi semua berubah sejak Olimpiade,” katanya.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/sports/31/10/2021/nyaris-pensiun-sebelum-kalahkan-kento-momota-di-olimpiade/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan