Kelompok Daur Ulang Sampah Filipina Ubah Plastik Jadi Papan

  • Whatsapp
Kelompok Daur Ulang Sampah Filipina Ubah Plastik Jadi Papan - Foto 1


RRI.MY.ID, Sekelompok pendaur ulang sampah di Filipina menemukan suatu solusi meredakan krisis sampah plastik yang semakin parah di negara itu, termasuk menyumbat sungai dan merusak pantai. Caranya mengubah botol, sachet sekali pakai, dan bungkus makanan ringan menjadi bahan bangunan.

Bacaan Lainnya

Menurut pemberitaan Reuters, kelompok Plastic Flamingo atau The Plaf, mengumpulkan sampah, mencacahnya, dan membentuknya menjadi tiang dan papan yang disebut “eco-lumber”. Papan dapat digunakan untuk pagar atau bahkan shelter bencana.

“(Ini) adalah 100 persen bahan daur ulang, 100 persen terbuat dari bahan limbah plastik. Kami juga menyertakan beberapa aditif dan pewarna dan bebas pembusukan, bebas perawatan, dan bebas serpihan,” kata Erica Reyes, kepala operasi The Plaf.

 REUTERS/Eloisa Lopez

Ketika otoritas belum memiliki strategi jelas untuk mengatasi masalah plastiknya, The Plaf telah menghimpun lebih dari 100 ton sampah plastik hingga saat ini.

Sekitar 80 persen plastik lautan global berasal dari sungai-sungai Asia, dan Filipina menyumbang sepertiga dari total itu, menurut laporan tahun 2021 oleh Our World In Data dari Oxford University.

“Orang-orang tidak mengetahui cara membuang plastik ini,” kata Allison Tan, bagian pemasaran The Plaf.

“Kami memberikan jalan itu bahwa alih-alih meletakkannya di tempat pembuangan sampah atau lautan, Anda memberikannya ke pusat daur ulang seperti kami dan kami akan mendaur ulangnya menjadi produk yang lebih baik.” []





Sumber : https://RRI.MY.ID/kelompok-daur-ulang-sampah-filipina-ubah-plastik-jadi-papan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan