Cara Memblokir Pesan Spam di WhatsApp

  • Whatsapp


Bacaan Lainnya

RRI.MY.ID, Jakarta – Hampir setiap media yang kita gunakan untuk berkomunikasi akan rentan terhadap spam di beberapa titik atau lainnya, termasuk aplikasi pesan WhatsApp.

Pesan spam, selain sangat menjengkelkan, berpotensi berbahaya karena spammer sering mencoba membuat Anda membocorkan informasi pribadi Anda, atau mengklik tautan berbahaya.

Sangat sulit menemukan cara untuk melindungi diri Anda dari spam sepenuhnya, tetapi berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan memblokir spam di WhatsApp, sebagaimana dikutip Mashable, 30 Oktober 2021.

Blokir atau laporkan kontak

  1. Buka utas pesan yang berisi pesan spam (berhati-hatilah untuk tidak mengklik tautan apa pun di dalam pesan).
  2. Ketuk kontak di bagian paling atas halaman.
  3. Ketuk “Blokir Kontak” di bagian bawah (untuk memblokir) dan “Laporkan Kontak” (untuk melaporkan).
  4. Kemudian ketuk “Blokir” lagi (atau “Laporkan” lagi) saat diminta. Anda juga dapat mengetuk “Laporkan Kontak” dan Anda akan memiliki opsi untuk melakukan keduanya sekaligus dengan mengetuk “Laporkan dan Blokir”

Sesuaikan pengaturan privasi Anda

  1. Arahkan ke pengaturan WhatsApp Anda.
  2. Ketuk “Akun”.
  3. Ketuk “Privasi” di bagian atas.
  4. Dalam pengaturan privasi, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat status online, foto profil, bagian “Terakhir Dilihat”, dan “Tentang”, serta siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup.
  5. Edit pengaturan ini sesuai keinginan Anda dengan mengetuk masing-masing dan memilih “Semua Orang”, “Kontak Saya”, atau “Tidak Ada” — “Tidak ada” jelas memberi Anda privasi paling banyak sementara “Semua Orang” memberi Anda privasi paling sedikit.

Terkadang sulit untuk mengetahui apakah sebuah pesan adalah spam atau bukan. Kadang-kadang jelas, tetapi di lain waktu pesannya bisa terlihat benar-benar asli, yang tentu saja dirancang.

WhatsApp menawarkan beberapa informasi bermanfaat tentang seperti apa tampilan pesan spam dan cara mengenalinya. Anda dapat menemukan info itu dengan membuka bagian “spam dan pesan yang tidak diinginkan” di Pusat Bantuan WhatsApp.

MASHABLE

Baca:
Ini Perbedaan WhatsApp WhatsApp Feature, Mesengger, dan Business

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari RRI.MY.ID di kanal Telegram “RRI.MY.ID Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.





Sumber : https://tekno.RRI.MY.ID/read/1523186/cara-memblokir-pesan-spam-di-whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *