5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang Ditemui, Pernah Mencicipi?

  • Whatsapp
5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang  Ditemui, Pernah Mencicipi - Foto 1


RRI.MY.ID Perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, tentu memiliki dampak pada warisan budaya lokal. Salah satunya jajanan khas Indonesia. 

Bacaan Lainnya

Seiring berjalanannya waktu, semakin berdatangan beragam kudapan dari luar yang menggungah selera. Hal tersebut ternyata secara perlahan membuat beberapa makanan di Indonesia ini hampir punah karena kehilangan pamor dan sedikit yang menikmati.

Berikut 5 jajanan khas Indonesia yang jarang ditemui.

1. Clorot

 Flickr/Wiendietry Rusli via Wikipedia

Merupakan kue khas Purworejo, makanan ini terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah. Rasa kue ini manis dan nikmat dengan tekstur kenyal. Kue ini juga memiliki bentuk krucut yang unik yang dihasilkan dari gulungan daun kelapa.

2. Grontol

5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang  Ditemui, Pernah Mencicipi - Foto 2
 Wikipedia/Ipung

Di zaman dahulu, kudapan ini sering menjadi favorit masyarakat Indonesia. Terkadang disebut sebagai berondong. Makanan ini berasal dari Jawa Tengah. Grontol terbuat dari jagung manis yang ditaburi dengan kelapa dan gula.

3. Gulo Puan

5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang  Ditemui, Pernah Mencicipi - Foto 3
 Twitter/ponimiring

Gulo Puan merupakan jajanan tradisional khas Palembang. Dulunya makanan ini merupakan makanan favorit raja-raja kesultanan, lho. Gulo Puan berbahan dasar susu kerbau. Namun, saat ini, jajanan ini sudah menjadi sesuatu yang langka di Palembang, dikarenakan proses pembuatan yang rumit dan bahan baku yang susah.

4. Ampiang Dadiah

5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang  Ditemui, Pernah Mencicipi - Foto 4
 Wikipedia/Adhmi

Selain Gulo Puan, makanan khas Sumatera Barat, Ampiang Dadiah juga memiliki bahan baku utama susu kerbau. Di mana susu kerbau tersebut dimasukkan ke dalam bambu dan difermentasi. Makanan ini terdiri dari ampiang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, dan dadiah yang terbuat dari fermentasi susu kerbau.

5. Kethek 

5 Kuliner Khas Indonesia yang Jarang  Ditemui, Pernah Mencicipi - Foto 5
 Instagram/ipank_only

Kethek adalah kuliner khas Kebumen yang terbuat dari blondo, atau ampas kelapa yang dibumbui dengan rempah. Kini Kethek sudah semakin sulit ditemukan oleh masyarakat. Biasanya orang-orang menikmati Kethek dengan nasi hangat atau tempe goreng.

Berikut tadi kuliner-kuliner tradisional Indonesia yang mulai susah ditemukan. Kira-kira jajanan mana yang pernah kalian coba?[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/5-kuliner-khas-indonesia-yang-jarang-ditemui-pernah-mencicipi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *