5 Fakta Serial House of Secrets, Bunuh Diri Massal 11 Anggota Keluarga di India

  • Whatsapp


RRI.MY.ID House of Secret kini menjadi salah satu serial dokumenter yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Dokumenter ini mencoba mengidentifikasi kasus bunuh diri massal yang dilakukan oleh 11 anggota keluarga di India pada tahun 2018 lalu.

Bacaan Lainnya

Digarap oleh Lena Yadav dan Anubhav Chopra berikut deretan fakta menarik dari serial House of Secrets: The Burari Deaths.

1. Menjadi kisah kelam yang tertimbun di India

Tragedi mencengangkan ini terjadi di India pada 30 Juni 2018. Meskipun sempat menjadi kisah yang menghebohkan masyarakat India, namun kasus ini pada tahun tersebut mudah saja terkubur karena hadirnya sebuah skandal baru. Sehingga kasus tersebut teralihkan begitu saja. Tragedi yang luar biasa ini terlupakan, bahkan belum tercatatkan oleh polisi. 

2. Kematian tragis dan menimbulkan tanda tanya

Kematian dari keluarga Burari ini pertama kali diketahui oleh tetangganya. Ketika melihat rumah Burari yang masih tertutup, sang tetangga mendatangi rumah tersebut dan langsung masuk begitu saja. Sontak terkejut, ia menemukan 10 jasad yang menggantung di langit-langit rumah dengan mata tertutup kain dan mulut tersumpal serta tangan yang terikat di belakang. Selain itu, di sudut ruangan ada seorang perempuan tua yang tewas tercekik.

3. Proses panjang yang menguras emosi

Dalam penggarapan dokumenter ini sang sutradara melakukan wawancara total 400 jam. Diakuinya, proses pembuatan dokumenter ini amat menguras emosi. Dari perjuangan panjang itu sutradara pun berhasil menyajikan kisah yang mengalir melalui tuturan para informan. Ia mengundang teman, tetangga, keluarga besar, polisi, jurnalis serta psikolog yang mengusut kasus tragedi ini. 

4. Keluarga Burari dikenal supel dan tidak bermasalah

Bunuh diri massal yang dilakukan oleh keluarga Burari banyak menimbulkan tanda tanya bagi orang sekitar yang mengenal mereka. Pasalnya keluarga ini dikenal oleh masyarakat sebagai keluarga yang ramah dan hangat. Tim penyelidik menduga bahwa anggota keluarga tersebut mengidap psikosis bersama, yakni sebuah gangguan kejiwaan yang terjadi ketika dua orang ataupun lebih memiliki sebuah delusi yang berhubungan dengan orang-orang terdekat mereka.

5. Temuan diary berisi khayalan tidak rasional

Pada sebuah diary yang ditemukan oleh polisi, tertulis sebuah khayalan yang tidak masuk akal tentang bagaimana sebuah keluarga menjalani kehidupan. Terkait dengan melakukan investasi, lalu sebuah konsep “keselamatan massal” yang dilakukan dengan jalan gantung diri sebagai cara terbaik.

Itulah sederet fakta tentang film dokumenter House of Secrets: The Burari Deaths. Bersama film dokumenter ini penonton didorong untuk mencoba membahas tentang trauma keluarga yang terpendam dan belum sempat terobati.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/5-fakta-serial-house-of-secrets-bunuh-diri-massal-11-anggota-keluarga-di-india

Pos terkait

Tinggalkan Balasan