Teka-Teki 5 Tewas Di Gorong-Gorong | Aiman (1)

  • Whatsapp



KOMPASTV – Di awal Oktober 2021 ini, kita bersama dikagetkan dengan pemberitaan tentang lima orang yang tewas seketika di gorong-gorong. Kejadiannya di Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis, 7 Oktober 2021.

Tiga orang di RRI.MY.ID korban adalah pekerja yang sedang melakukan pengecekan pipa kabel fiber optik telekomunikasi. Dua orang lainnya adalah warga sekitar yang hendak menolong. Kematian mereka diduga diakibatkan oleh gas sangat beracun yang berasal dari dalam gorong-gorong. Tim dari Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri hingga saat ini masih menyelidiki jenis gas beracun yang menjadi penyebab kematian.

Bacaan Lainnya

Gas apakah yang ada dalam gogong-gorong di kawasan padat penduduk ini? Seberapa berbahaya gas ini? Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Witjaksono, menelusuri lokasi kejadian guna mencari beberapa petunjuk.

Ia menemui sejumlah warga yang melihat dan bahkan sempat ikut menolong para korban yang tewas dalam gorong-gorong. Apa yang terjadi saat itu? Bagaiman detik-detik saat sebelum mereka meregang nyawa? Dan apakah warga sekitar sempat mencium bau gas beracun dari dalam gorong-gorong maut tersebut?

Aiman juga bertemu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sopian, untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi di sana. Apakah memang ada saluran gas alam, atau lainnya, yang tertanam di dalam gorong-gorong tersebut?

Terakhir, Aiman berbincang dengan peneliti gas dari Badan Standarisasi Nasional, Oman Zuas. Kemungkinan apa saja yang bisa menyebabkan adanya gas berbahaya yang muncul dari saluran air tersebut?

Artikel ini bisa dilihat di :

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=93AsnNQ-TYU

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 Komentar

  1. Itu gorong-gorong apaan kok bisa rapet dan gas terkumpul sebanyak itu. Harusnya gorong-gorong itu bisa dirembesin air (tidak kedap). Ini antara desain gorong-gorong yang jelek atau maintenance yang jelek.

  2. Innalillahi wainnailaihi rojiuuun ,semoga almrhum, semua Di berikan husnul hotimah ,Dan Di ampunkan sgl dosa Dan hilaf nya ,Aamiiiin Amiiiin Amiiiin Yarrobal alamiiiin ,Dan Di berikan kesabaran kpd keluarga yg Di tingalkan nya ,Dan keimanan nya ,Turut nerduka atas kjdian kclka,an ini ,🙏🙏🙏🤲🤲🤲🤲

  3. 1. Lubang gorong- gorong, sudah lama tidak dibuka, tertutup dan di bawah permukaan tanah, tentu bobot ketersediaan oksigen berbeda dengan di atas permukaan tanah,
    2. Ada kerusakan kabel
    Sudah pasti zat beracun, hasil analisa dangkalnya, seharusnya setelah lubang gorong-gorong dibuka, petugas tidak langsung masuk, untuk menetralisir udara di bawah tanah, lalu safety first toolsnya mana untuk para petugas, berupa pemakaian alat bantu tabung oksigen, kurang lebih kan sama dengan menyelam di kedalaman air ?
    Patut diketahui mereka akan kekurangan oksigen, lalu panik