Metode Pengolahan Air Canggih Tengah Dikembangkan

  • Whatsapp


RRI, Sheffield: Para peneliti dari University of Sheffield sedang menyelidiki pengolahan air fotokatalitik, sejenis proses oksidasi lanjutan (AOP) yang dipicu oleh sumber cahaya, yang dapat menyerang dan memecah mikropolutan kimia dan nonbiodegradable menjadi senyawa yang kurang kompleks dan kurang beracun atau tidak beracun. Proses ini bisa sangat efisien dan dapat bekerja pada beberapa mikropolutan pada saat yang bersamaan.

Bacaan Lainnya

Manasi R. Mulay, penulis ulasan dari Grantham Center for Sustainable Futures di Universitas Sheffield mengatakan bahwa “dengan menggunakan AOP, mikropolutan dapat dipecah menjadi senyawa sederhana seperti air dan karbon dioksida, dengan menggunakan fotokatalis. Fotokatalisis berbasis TiO2 (titanium dioksida) adalah salah satu AOP yang paling menjanjikan yang sedang dikembangkan, karena menawarkan efisiensi tinggi dan stabilitas kimia selama penggunaan kembali dalam menghancurkan polutan persisten dalam air.”

“Fakta menarik adalah—meskipun fotokatalisis berbasis titanium dioksida telah dikenal sejak 1972 sebagai ‘efek Honda-Fujishima’, pengembangannya perlu ditinjau kembali dari perspektif pengolahan air yang efisien, dengan perlakuan khusus untuk polutan yang menunjukkan ketahanan tinggi terhadap degradasi.”

“Meskipun menantang untuk mengatasi berbagai masalah seperti penghapusan total polutan, biaya, dan dampak lingkungan yang rendah dengan satu teknologi, menggunakan teknologi hibrida, atau kombinasi dari beberapa proses oksidasi lanjutan adalah cara yang menjanjikan untuk mengelola sumber daya air kita secara lebih efektif,” jelasnya, seperti dikutip dari Phys.org, Sabtu (30/10/2021).

Dr. Natalia Martsinovich dari Departemen Kimia, yang ikut menulis tinjauan tersebut, mengatakan bahwa “menggabungkan manfaat dari berbagai teknik pengolahan air canggih dapat menjanjikan untuk membantu mencapai tujuan PBB tentang air bersih dan berkelanjutan untuk semua pada tahun 2030, namun di saat ini banyak AOP masih padat karya dan mahal”.





Sumber : https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1241327/metode-pengolahan-air-canggih-tengah-dikembangkan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *