Menlu Tegaskan Wisatawan India Boleh ke Bali


RRI, Jakarta: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menegaskan, wisatawan asal negara India yang telah divaksinasi COVID-19 diperbolehkan berkunjung ke Bali. 

Bacaan Lainnya

Retno menyebut wisatawan India merupakan salah satu dari 19 negara yang sudah dapat berkunjung ke sana. 

“Kita menyampaikan bahwa India adalah salah satu dari 19 negara yang sudah dapat berkunjung ke Bali,” ujar Retno dalam keterangan pers secara virtual hari ini, Sabtu (30/10/2021). 

Hal itu ditegaskannya saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri India di tengah Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Roma, Italia. 

Dalam kesempatannya itu, keduanya sepakat untuk menjajaki Vaccinated Travel Lane (VTL), yakni potensi untuk membuka jalur pariwisata untuk orang-orang yang sudah divaksin. Ia juga membahas pengakuan sertifikat vaksin untuk melindungi perjalanan secara aman.  

Selain itu, Retno juga melakukan compare notes atau catatan perbandingan mengenai situasi COVID-19 di kedua negara yang membaik secara signifikan. 

“Saya juga menjelaskan bahwa di Indonesia kemajuannya sangat baik dan positivity rate sudah selalu di bawah 1 persen dan beberapa hari ini sudah mencapai 0.4% persen,” kata Retno. 

Kemudian, keduanya juga sepakat bahwa semua negara penting melakukan komitmen sesuai dengan kewajibannya. 

“Dan khusus untuk negara maju, kita sangat mengharapkan agar negara-negara maju dapat memenuhi komitmen dukungan pendanaan dan alih teknologi,” tuturnya. 

Terkait presidensi Indonesia di G20 tahun 2022, India memberikan dukungan penuh kepada Indonesia. Kabarnya, India akan memegang keketuaan G20 setelah presidensi Indonesia selesai pada 2022. India juga sepakat memberikan perhatian terhadap kepentingan negara berkembang di dalam forum G20.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan mengetuai kelompok 20 ekonomi utama dunia untuk pertama kalinya, mulai 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022 mendatang. Serahterima keketuaan dari Italia ke Indonesia dilakukan pada KTT G20 di Roma pada tanggal 30-31 Oktober 2021.





Sumber : https://rri.co.id/internasional/1242130/menlu-tegaskan-wisatawan-india-boleh-ke-bali

Pos terkait

Tinggalkan Balasan