Garuda Indonesia Terancam Pailit, Pengamat: Ada Hal-hal yang Secara Bisnis Aneh

  • Whatsapp



RRI.MY.ID – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dikabarkan akan pailit, kondisi tersebut tak terlepas dari utang BUMN maskapai penerbangan ini yang sudah menggunung.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyatakan, kondisi Keuangan Garuda Indonesia mulai tidak sehat saat menggarap penerbangan internasional. Ia pun meminta Garuda kini fokus padan penerbangan domestik saja.

Bacaan Lainnya

Hal itu terlihat dari data penumpang Garuda selama ini, dimana penumpang penerbangan domestik mendominasi.

Yaitu sebanyak 78 persen dari total penumpang yang diangkut Garuda, penumpang domestik juga sudah menyumbang pendapatan Garuda sebesar Rp 1.400 triliun.

Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga belum mau menjelaskan tentang opsi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang diisukan akan diganti oleh PT Pelita Air Service (PAS) sebagai maskapai berjadwal nasional.

Baca Juga Soal Pelita akan Gantikan Garuda, Stafsus Menteri BUMN: Itu Nantilah Ya di

Menurut Arya, saat ini pemerintah memprioritaskan untuk sebisa mungkin menyelamatkan Garuda Indonesia, melalui negosiasi dengan para lessor atau perusahaan penyewaan pesawat.

“Soal opsi mengenai Pelita itu nanti lah ya, yang utama sebenarnya adalah kita sekarang berusaha, terus berjuang untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor, pihak-pihak yang memiliki piutang dengan Garuda, itu yang utama,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan, ada hal-hal yang secara bisnis aneh, misalnya setiap kali rute penerbangan dari Jakarta ke London selalu rugi.

Artikel ini bisa dilihat di :

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=8UgQ-JSKXaY

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 Komentar

  1. Negeri yang katanya kaya raya dengan sumber daya alam yang melimpah tapi terlilit hutang,
    jadi siapa yg menikmati hasil sumber daya alam yg melimpah itu.?
    Yang bisa jawab dapat hadiah sepeda 🤣

  2. Terkhusus GIA.. Hrs dipertahankan krn ikon nya maskapai penerbangan nasional maupun internasional
    Hy mungkin kedepannya lbh diperbaiki manajemen dan sistem tata kelola finansialnya.. Juga kinerja org2 yg berada di maskapai tsb.. Sambil bersih2 oknum2 yg korup didlm nya

  3. Tutup aja sudah, tiketnya terlalu mahal dan terlalu banyak kelas, klo memang target pasarnya utk kelas atas bkin kelas bisnis atau di atasnya aja, jngan bikin kelas ekonomi, klo kelas bisnis 1 psawat kan penumpangnya jd sedikit dr pada kelas ekonomi

  4. Iya Bukan hanya Garuda sj. gara² pandemi mmg maskapai penerbangan negara lain pun sm bangkrut.
    Tapi management Garuda hrs di rombak Krn mmg sedari dulu Garuda selalu membebani keuangan negara..
    Dan tambahan catatan , Rini Sumarno dan Ari askara hrs di minta pertanggungjawaban nya.krn dua orang ini trmsk orang yg membuat buruknya management Garuda Indonesia