Bukti Pendirian RSUD dr Soetomo Ditemukan di Kliping Koran

  • Whatsapp
alexametrics


RSUD dr Soetomo memperingati usia 83 tahun hari ini. Namun siapa sangka, tanggal kelahiran 29 Oktober 1938 itu tidak semudah melihat tetenger dan prasasti yang biasa ada pada bangunan. RSUD dr Soetomo sampai harus membentuk tim khusus untuk menemukan fakta hari lahirnya fasilitas medis terbesar di Indonesia Timur itu.

Bacaan Lainnya

GALIH ADI PRASETYO, Surabaya

TIDAK ada tetenger, prasasti, bahkan informasi akurat yang tercatat tentang hari berdirinya RSUD dr Soetomo. Informasi yang ada hanya sepenggal, bukan cerita utuh yang bisa dibaca ulang.

Hal itu tentu membuat fasilitas kesehatan tersebut seperti kehilangan identitas. Sementara itu, rumah sakit lain yang dibangun pada era kolonial meninggalkan catatan lengkap. Ada tetenger dan prasasti soal hari, bulan, dan tahun kapan dibangun.

Rumah sakit seperti RKZ, RS William Booth, hingga RS Darmo memiliki tetenger. Yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi. Sudah lumrah saban tahun diperingati.

”RSUD dr Soetomo bukannya tidak memiliki hari yang ditetapkan tanggal lahir. Saat itu yang tercatat adalah masa di mana nama RS Umum Pusat (RSUP) menjadi RSUD dr Soetomo. Tepatnya pada 20 Mei 1964,’’ ujar Dr Urip Murtedjo SpB(K)KL PGD Pal-med.

Jika dihitung, usia RSUD dr Soetomo masih sangat pendek. Padahal, angka itu tidak sesuai dengan fakta saat awal pembangunan. Tidak mau berdiam diri saja.

Tepatnya, 5 Februari 2007 diputuskan membentuk tim pencari fakta tentang hari kelahiran RSUD dr Soetomo. Ketua dan inisiatornya adalah Dr Urip Murtedjo SpB(K)KL PGD Pal-med.

”Pencarian pun segera kami lakukan. Salah satunya, mengecek fisik bangunan. Biasanya, ada salah satu bagian atau sudut yang ditulis tahun berapa bangunan itu dibuat. Tim bahkan sampai naik ke atap gedung,’’ kata alumnus FK Universitas Airlangga angkatan 1970 itu.

Mulai rusuk bangunan, tembok, lonceng, hingga mesin generator, semua dicek. Hasilnya nihil. Tidak ada petunjuk yang mengarah ke sana sama sekali.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/features/30/10/2021/bukti-pendirian-rsud-dr-soetomo-ditemukan-di-kliping-koran/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *