Bakteri Pemakan Plastik Membantu Daur Ulang Global

RRI, Manchester: Bakteri yang telah terbukti dapat mendegradasi dan mengasimilasi plastik, telah menjadi bidang utama penelitian internasional sejak 2016. Tim ilmuwan yang berbasis di University of Manchester membuat terobosan bioteknologi yang dapat membantu manusia menggunakan sel bakteri yang direkayasa untuk mengurangi sampah plastik.

Bacaan Lainnya

Sebagian alasan mengapa plastik sulit terurai adalah struktur kimianya, yang terdiri dari monomer—molekul kecil yang terikat bersama untuk membentuk polimer.

Dalam penelitian baru yang diterbitkan hari ini di jurnal, Nature Communications, para peneliti dari Institut Bioteknologi Manchester mempelajari potensi pengenalan protein kunci yang terlibat dalam penyerapan seluler monomer tereftalat (TPA), oleh protein pengikat zat terlarut TphC.

Tim Manchester menggunakan teknik biokimia dan struktural untuk menentukan bagaimana substrat, TPA dikenali oleh TphC, seperti dikutip dari University of Manchester, Sabtu (30/10/2021).

Dr. Neil Dixon, penulis utama penelitian mengatakan, “Memahami bagaimana bakteri mengenali dan mendegradasi bahan kimia xenobiotik, penting baik dari perspektif ekologi dan bioteknologi. Memahami pada tingkat molekuler bagaimana produk pengurai plastik ini diimpor ke dalam sel bakteri berarti bahwa kita kemudian dapat menggunakan transporter dalam sel yang direkayasa untuk aplikasi bioremediasi guna mengatasi masalah lingkungan yang mendesak.”

Menggunakan teknik yang memungkinkan tim untuk memvisualisasikan TphC dalam konformasi terbuka dan tertutup pada pengikatan TPA, mereka kemudian menggunakan pendekatan penambangan genom untuk menemukan protein transporter homolog dan juga enzim yang terlibat dalam pemecahan dan asimilasi TPA.

Bagian genom yang ditambang ini menyediakan sumber daya genetik untuk upaya rekayasa bioteknologi dan metabolisme di masa depan menuju solusi bio-ekonomi plastik melingkar. Ada minat dan potensi besar dalam penggunaan enzim dan mikroba yang direkayasa untuk mendegradasi dan mengasimilasi sampah plastik.

Temuan baru ini sekarang akan mendukung pengembangan sel mikroba yang direkayasa untuk bio-remediasi dan daur ulang sampah plastik berbasis bio.

Sumber : https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1241328/bakteri-pemakan-plastik-membantu-daur-ulang-global