5 Wonderkid Asal Brasil yang Gagal Penuhi Ekspektasi

  • Whatsapp
10 Foto Sophie Christin, Menyebut Dirinya Penggemar Nomor 1 Arsenal


“Tak secemerlang Neymar atau Vinicius…”

Bacaan Lainnya

RRI.MY.ID – Brasil yang dijuluki sebagai negeri samba tak pernah kekeringan bakat-bakat kelas dunia, para pemain asal Brasil selalu memperkuat dan bahkan jadi bagian penting dari skuad klub-klub top Eropa.

Meski banyak yang berbakat, tak sedikit juga yang gagal memenuhi ekspektasi. Setiap tahunnya pasti selalu muncul nama-nama baru yang dinilai akan jadi bintang sepak bola berikutnya tetapi kenyataan seringkali berkata lebih pahit.

Dalam arti kata lain, tak semua pemain muda Brasil sukses mempertahankan performa mereka hingga ke level senior, sebagaimana yang dilakukan Neymar, Vinicius Jr, Richarlison, dan deretan bintang top pemain lainnya.

Berkaitan dengan hal di atas, kami telah mengumpulkan setidaknya 5 wonderkids Brasil yang dinilai gagal menaklukkan Eropa :

5. Alipio

Pernah satu ketika, pada tahun 2008, Real Madrid dihadapkan pada dua pilihan yakni mendatangkan Philippe Coutinho atau Alipio. Dan Los Blancos menjatuhkan pilihan pada nama terakhir karena waktu itu Alipio dinilai tampil lebih impresif.

10 Foto Sophie Christin, Menyebut Dirinya Penggemar Nomor 1 Arsenal

Namun garis nasib berkata sebaliknya. Coutinho berganti-ganti klub top Eropa, dari mulai Inter Milan, Liverpool, Bayern Muenchen hingga Barcelona.

Sementara Alipio gagal bersaing di Santiago Bernabeu dan sempat dipinjamkan ke Benfica dan kini kariernya cuma mentok di Serie D Brasil dengan memperkuat Uberlândia Esporte Clube.

4. João Alves de Assis Silva

Saat awal-awal Manchester City menjadi diakusisi Sheikh Mansour, klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu langsung mendatangkan beberapa pemain berbakat, salah satunya adalah bintang muda asal Brasil João Alves de Assis Silva yang kerap disapa  Jo.

Sayangnya, ekspektasi tinggi itu tak sebanding dengan kualitas Jo yang buruk ketika membela Man City. Kini Jo memperkuat  Atlético Mineiro. Ia sebelumnya bermain untuk Corinthians, CSKA Moskwa, Manchester City, Everton, Galatasaray dan Internacional.

3. Paulo Henrique Ganso

Selain Neymar, Brasil dulu punya wonderkid segenerasi lainnya bernama Paulo Henrique Ganso. Keduanya bahkan sempat bermain bersama di Santos dan diprediksi bakal jadi tumpuan Brasil di masa-masa mendatang.

Ketika karier Neymar melejit dan dibeli Barcelona. Ganso tak lama kemudian menyusul pada 2016 ke Sevilla. Sayangnya, peruntungan Ganso tak sebaik Neymar. Ia gagal tampil cemerlang dan lebih banyak berakhir sebagai pemain pinjaman dan kariernya seolah mentok.

2. Lucas Piazon

Saat Brasil tengah mencari generasi baru penerus Kaka, muncul nama Lucas Piazon yang mencuri perhatian ketika tampil apik di Piala Dunia U-17. Penampilannya tersebut membuatnya diboyong oleh Chelsea pada musim 2011.

Datang di usia muda, Lucas Piazon sayanganya hanya mampu bermain di akademi dan lebih banyak dipinjamkan selama hampir satu dekade penuh. Hingga akhirnya kini di usia 27 tahun ia memutuskan pergi dari Chelsea dan bermain di level yang jauh berbeda yakni di Braga.

1.Keirrison

Diluar Neymar yang terbukti ampuh, Barcelona pernah mendatangkan wonderkid Brasil lainnya bernama Keirrison pada 2009 tapi kisahnya kebalikan dari kisah Neymar.

Namun kedatangannya bertentangan dengan skema bermain Pep Guardiola. Alhasil, Keirrison hanya dipinjamkan tanpa sekalipun bermain di Camp Nou. Diantara ke Benfica dan Fiorentina. Saat ini Keirrison bermain untuk klub Serie B Brasil, Coritiba Foot Ball Club.

(gigih imanadi darma/gie)





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/detail/9130/5-wonderkid-asal-brasil-yang-gagal-penuhi-ekspektasi.html

Pos terkait

Tinggalkan Balasan