5 Cara Simpel Kurangi Kelembapan di Kamar Mandi Agar Tidak Jamuran

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Musim hujan telah tiba, suasana di rumah mungkin menjadi lebih dingin. Tak ada yang lebih baik daripada mandi air hangat untuk menghangatkan tubuh pada pagi hari.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, air hangat meninggalkan kelembapan di kamar mandi, yang akhirnya membentuk jamur pada dinding kamar mandi, bila tidak segera dikeringkan. Sebab, kamar mandi yang basah adalah tempat sempurna bagi jamur bertumbuh.

Tentu, siapa pun tidak menginginkan kondisi ini. Pasalnya, kelembapan dan adanya jamur di kamar mandi tidak hanya merusak kamar mandi, tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan seperti alergi serta masalah pernapasan.

Kamar mandi pada dasarnya adalah area basah dan lembap. Namun, kelembapan bisa diatasi dan dikurangi.

Dilansir RRI.MY.ID dari laman Real Estate, berikut lima cara mengatasi kelembapan, agar jamur tak muncul di kamar mamdi kamu. 

Berikan sirkulasi udara pada kamar mandi

Langkah pertama mengatasi kelembapan di kamar mandi adalah memastikan kamar mandi mengering setelah setiap kali kamu mandi. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka jendela, menyalakan exhaust fan dan membuka pintu. Bisa pula melakukan ketiganya. 

Tanpa jendela dan exhaust fan, kelembapan tidak akan pernah keluar. Exhaust fan tetap menyala sebelum, selama mandi dan selama setengah jam setelah mandi. 

Hindari meninggalkan barang basah di kamar mandi

Handuk basah di kamar mandi tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga dapat meningkatkan kelembapan di kamar mandi. Pastikan menggantung handuk di luar kamar mandi. 

Selain mengurangi peluang tumbuhnya jamur, cara ini juga menghilangkan bau apek khas lembab di kamar mandi.  

Keringkan kamar mandi

Setelah mandi, jangan lupa membersihkan dan mengeringkan kamar mandi. Gosok permukaan, baik lantai maupun dinding kamar mandi dengan sikat, lalu lap seluruh permukaan kamar mandi yang basah.

Dengan menghilangkan tetesan air dari tembok dan lantai kamar mandi, kamu menghentikan jamur berkembang biak di sana.  

Gunakan cat tahan air 

Meski tidak dapat menghentikan pengembunan saat mandi menggunakan air hangat, kamu dapat mengurangi jamur dan lumut dengan cat khusus yang dirancang untuk kedap air.

Cat tahan air akan menghentikan jamur dan lumut tumbuh pada permukaan cat, hingga lima tahun. 

Gunakan dehumidifier

Jika tidak memiliki jendela di kamar mandi, pertimbangkan menggunakan dehumidifier. Menyalakan dehumidifier setiap kali mandi akan mampu menurunkan kelembapan secara signifikan. 

Pastikan tidak mengosongkan air dari dehumidifier setelah uapnya tidak kamu pakai, sehingga siap digunakan pada lain waktu saat kamu mandi.

Itulah cara mengurangi kelembapan di dalam kamar mandi, agar kamar mandi kamu tidak jamuran.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/lima-cara-kurangi-kelembapan-di-kamar-mandi-agar-tidak-jamuran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *