Yuk Lihat Indahnya Batik Mandalika di ISEF 2021

  • Whatsapp
Indahnya Batik Mandalika di ISEF 2021 - Foto 1


RRI.MY.ID, Brand lokal Muslim lokal Nibras Fashion menghadirkan motif batik asal Banten, Mandalika, di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021. Desainer Nibras, Temmi Wahyuni menjelaskan bahwa Mandalika sebenarnya adalah nama pangeran kerajaan Islam di Banten, dan kini digunakan sebagai nama batik. 

Bacaan Lainnya

“Ini terinspirasi dari kerajaan Islam di Banten, Mandalika jadi nama batik Banten,” jelas Temmi Wahyuni kepada RRI.MY.ID pada konferensi pers yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, (29/10/2021). 

Nibras tampak menampilkan looks yang feminim, dengan detail batik di bagian dada, pinggir rok, dan kerah. Dengan potongan desain loose (longgar), koleksi Nibras ini terdiri dari long dress hingga gamis. 

Yang menarik, Temmi menciptakan desain kerah bermotif batik Mandalika yang bisa dilepas pada salah satu busananya. Temmi sengaja menciptakan kerah unik ini agar bisa dipadukan dengan busana lain. Adapun warna-warna yang dipilih untuk koleksi ini adalah abu-abu, biru, merah muda. 

Koleksi Nibras ISEF 2021

Selain desainnya yang menarik, koleksi Mandalika ini ternyata juga ramah lingkungan dan tidak meninggalkan sampah karena dibuat dari sisa koleksi Nibras sebelumnya. 

“Koleksi ini saya dipilih dari sisa koleksi, jadi sangat sustainable,” tambah Temmi.

Dalam ISEF 2021 ini, Temmi juga berkolaborasi dengan Irna Mutiara mengusung tema Collabs For Blessing. Koleksi kolaborasi ini dipersiapkan untuk bisa dinikmati para pencinta busana Muslim, tidak hanya di Indonesia tapi juga Turki karena melihat adanya kesamaan gaya dalam berbusana Muslim di RRI.MY.ID kedua negara ini.

“Kolaborasi sangat sekali dibutuhkan untuk meraih tujuan bersama menjadikan setiap produk ekonomi kreatif sub sektor fashion khususnya fashion muslim tidak hanya besar di Tanah Air tetapi besar juga di dunia internasional,” ujar Manager Marketing NBRS Group, Ikhsan Syaban.

Indahnya Batik Mandalika di ISEF 2021 - Foto 2
Nbrs La Perle ISEF 2021

Bersama dengan Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC), Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 membawakan  tema New Normal is Sustainable Fashion. Tema ini sengaja diangkat untuk mensosialisasikan konsep sustainable fashion sebagai gaya hidup baru di era new normal.

Tak hanya itu saja, konsep sustainable juga sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari gaya hidup halal. ISEF sendiri digelar secara hybrid pada 25 hingga 30 Oktober 2021.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/indahnya-batik-mandalika-di-isef-2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan