Waspadai Lima Faktor Penyebab Covid-19 Melonjak Lagi

  • Whatsapp


RRI, Jakarta: Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pada bulan Juni-Juli lalu tidak terlepas dari lima faktor yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat, menurut Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono.

Bacaan Lainnya

Saat berbicara dalam webinar “Peran BPJS Kesehatan dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19”, Kamis (28/10/2021), Pandu menguraikan bahwa lima hal tersebut adalah: varian baru, ketidakmerataan vaksin, berkumpulnya orang-orang, inkonsistensi penerapan protokol kesehatan, dan misinformasi vaksin yang membuat keraguan.

“Sekarang sudah ada delta baru. Anak-anaknya delta,” kata Pandu. “Tentunya new variants boleh saja ada, tapi yang penting tidak mudah menular dan tidak mematikan. Sebagian besar akan hilang varian-varian baru. Karena dia tidak mudah menular, jadi kalah sama yang mudah menular.”

Terkait pemberian vaksin, Pandu meminta agar vaksinasi bagi masyarakat didahului atau diprioritaskan kepada mereka yang paling rentan terlebih dahulu.

“Terfokus pada yang paling membutuhkan, dan juga yang paling bisa berdampak untuk menekan penularan atau menekan kematian.”

“Kumpul-kumpul RRI.MY.ID berbagai ekonomi, sosial, karena kegiatan sosial, ekonomi, dan religi,” jelas Pandu lagi saat menerangkan faktor terkait berkumpulnya banyak orang dalam suatu komunitas.

“Kalau mereka tidak mengandalkan, tidak menggunakan pencegahan seperti masker, tidak pakai masker, ya akan kemungkinan ada yang terinfeksi.”

Terkait inkonsistensi penerapan prokes, ia mengakui masih banyak orang yang tidak patuh dengan aturan prokes 3M.

Selain itu, banyaknya informasi sesat yang beredar tentang vaksin membuat banyak orang menjadi ragu untuk divaksinasi.

“Ini harusnya kita atasi. Jangan dipandang remeh. Harus kita edukasi. Edukasi gak boleh kendor,” jelasnya tegas.





Sumber : https://rri.co.id/humaniora/kesehatan/1240148/waspadai-lima-faktor-penyebab-covid-19-melonjak-lagi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan