Thuram: Rasisme Harus Dibicarakan kepada Orang Kulit Putih

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Awal tahun depan, Lilian Thuram akan berusia 50 tahun. Sukses sebagai pesepakbola terutama ketika membawa Prancis merebut gelar Piala Dunia plus sebagai tuan rumah pada 1998, Thuram kini mencurahkan hidupnya untuk melakukan kampanye kesetaraan rasial.

Bacaan Lainnya

Dalam wawancara dengan The Guardian, Thuram baru saja menerbitkan buku berjudul White Thinking: Behind the Mask of Racial Identity. Dalam Bahasa Indonesia, judul tersebut bisa diartikan sebagai “Cara Berpikir Kulit Putih: Di Balik Topeng Identitas Rasial.”

Gagasan besar Thuram adalah sudah waktunya perjuangan kesetaraan rasial dilakukan oleh kulit putih. Karena selama ini kesetaraan rasial hanya dianggap sebagai tugas warga kulit berwarna sebagai korban sementara kulit putih adalah mayoritas yang hidup dalam sistem tersebut.

“Jika kita bicara tentang rasisme, kepada kulit putihlah kita harus berbicara. Ini seperti seksisme, orang yang perlu dididik adalah laki-laki dewasa dan anak laki-laki. Apa yang ingin saya katakan adalah, ‘baik, rasisme ada: mengapa? Dan Mengapa kita bilang ada orang kulit putih dan non kulit putih, mengapa kita bilang ada orang kulit berwarna’,” kata Thuram.

“Jika Anda tidak tahu alasannya, Anda tidak akan mampu memahami mengapa prasangka (rasial) ada. Orang perlu tahu sejarah rasialisiasi dunia.”

Hal lain yang dicatat oleh Thuram adalah perubahan untuk kesetaraan tak bisa diharapkan datang dari pemerintah. Ia berkaca pada pengalamannya sejak bermain di Italia pertama kali untuk Parma pada 1997 dan kenyataan yang berlangsung hingga hari ini.

“Apakah otoritas melakukan hal yang cukup untuk membasmi rasisme. Saya bilang: tidak. Saya pindah ke Italia pada 1997 dan ada nyanyian rasis di stadion. Sekarang 2021 dan nyanyian rasis masih ada di stadion. Itu berarti otoritas tidak menyelesaikan pekerjaannya,” kata Thuram.

Di kalangan pemain hari ini, Thuram angkat topi untuk pemain Liverpool, Jordan Henderson. Menurutnya, Henderson adalah teladan sebagai pemain kulit putih yang bicara tentang kesetaraan rasial.

“Ketika saya melihat Kapten Liverpool, Jordan Henderson, bicara tentang rasisme, menurut saya itu fantastis. Karena itu berarti bahwa dia memahami rasisme berdampak juga padanya,” kata Henderson.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/thuram-rasisme-harus-dibicarakan-kepada-orang-kulit-putih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan