Pendataan UMKM Diklaim Makin Akurat Lewat inaproduct.com, Efektif?

  • Whatsapp


RRI.MY.ID Founder inaproduct Budihardjo Iduansjah menyampaikan bahwa akibat situasi pandemi Covid-19 muncul keinginan untuk membantu ekonomi nasional dengan cara mendata pelaku dan brand lokal termasuk UKM. Kemudian membuatkan ekosistem untuk menjadi tuan rumah di dalam negeri sendiri dan ekspor. 

Bacaan Lainnya

“Agar pemulihan ekonomi bisa dipercepat maka inaproduct.com hadir sebagai start up baru yang dilandasi idealisme nasionalisme, untuk membantu pemerintah dan seluruh pelaku lokal. Platform Direktori Produk Indonesia inaproduct.com ditargetkan bisa mendata sekitar 5.550 usaha besar, 45.000 usaha menengah dan 193.000 usaha di seluruh Indonesia,” ucap Budiharjo pada saat memberikan kata sambutan di Jakarta, Jumat (29/10/2021). 

Lebih lanjut Budiharjo menyatakan, seiring dengan program pemerintah digitalisasi dan hilirisasi serta program BBI (Bangga Buatan Indonesia) maka direktori digital sangat diperlukan.

“Oleh karena itu pihak kami berterima kasih atas dukungan berupa MoU dari KemenKopUKM, Kemendag, Kemenperin, dan PT Sarinah yang membantu mengembangkan produk dan brand Indonesia termasuk UKM, yang diwujudkan dalam MoU bersama pada hari ini dan mendukung SMESCO, sebagai pusat produk dan brand Indonesia juga UKM melalui berbagai pameran, pelatihan-pelatihan dan aktivitas lainnya,” paparnya.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menuturkan kehadiran inaproduct.com mampu mendorong pemasaran produk lokal secara lebih luas dan efisien, sehingga memberikan peluang transaksi lebih besar lagi. 

“Kementerian BUMN bersama BUMN telah ikut mendigitalisasi UMKM lewat Pasar Digital (PaDi) UMKM. Di mana saat ini terdapat 58 BUMN yang telah tergabung dan hingga akhir tahun ditargetkan sebanyak 98 BUMN, dengan transaksi mencapai Rp 13,8 triliun sebanyak 188.000 transaksi yang melibatkan 11.818 UMKM. Secara garis besar, sangat memungkinkan PaDi ini juga tergabung dan berkolaborasi dengan platform inaproduct.com,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian BUMN serta PT Ina Produk Indonesia (InaProduct.com), melaunching situs inaproduct.com. 

Dimana melalui situs inaproduct ini berisikan direktori produk Indonesia. Mulai dari informasi lengkap pelaku dan brand lokal termasuk UKM dari nama usaha, alamat, kontak, produk, hingga foto pabrik/workshop yang dengan mudah diakses semua pihak. Sehingga mampu memperluas jaringan pemasaran baik lingkup dalam dan luar negeri.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/pendataan-umkm-diklaim-makin-akurat-lewat-inaproductcom-efektif

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *