Pandemi Ubah Cara Perusahaan Menilai kinerja dan Merekrut Karyawan

  • Whatsapp


RRI.MY.ID – Bukan rahasia lagi kalau pandemi Covid-19 kini banyak mengubah cara orang berkolaborasi di dunia kerja saat ini dan bahkan di masa depan dengan adapatasi kebiasaan baru atau new normal. Masyarakat dihadapkan pada era kerja jarak jauh dan imbauan untuk saling menjaga jarak antar karyawan.

Bacaan Lainnya

Kerja jarak jauh yang menjadi bagian dari keadaan new normal berpotensi menurunkan produktivitas karyawan. Cara kerja yang baru juga menjadi keharusan untuk menjaga produktivitas dan daya saing sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan keberlangsungan perusahaan dalam hal ini proses rekrutmen calon karyawan.

Menangkap adanya peluang tersebut, HR Path, konsultan HRIS atau Human Resources Information System yang berpusat di Prancis mengungkapkan, bahwa terjadi peningkatan tren di banyak perusahaan dalam menerapkan platform digital dan resource planning sebagai respons terhadap budaya kerja jarak jauh.

Saat ini dikatakan cukup banyak inisiatif dan permintaan akan solusi HRIS yang ditunjukkan dengan banyaknya tender terbuka dibandingkan masa sebelum pandemi. ’’Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kita kebijaksanaan bahwa kita tidak bisa memprediksi lingkungan,” ujar Sebastien Corominas, Partner HR Path APAC.

Dirinya melanjutkan, HR Path dan platform sejenis lainnya yakin tren ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Survei yang dilakukan HR Path sendiri menunjukkan hampir semua perusahaan memberlakukan aturan baru bagi karyawannya, untuk bekerja di kantor hanya dua atau tiga hari dalam sepekan bukan karena pandemi, tapi karena mereka merasa sudah tidak harus ke kantor.

Buat para pengusaha, di era new normal seperti saat ini dikatakan penting untuk menerapkan solusi teknologi berbasis  Software-as-a-Service (SaaS). Platform cloud SAP SuccessFactors diklaim membuat kolaborasi menjadi menarik karena dapat diakses dari mana saja kapan saja tanpa tergantung orang IT yang harus me-maintain.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/oto-dan-tekno/29/10/2021/pandemi-ubah-cara-perusahaan-menilai-kinerja-dan-merekrut-karyawan/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *