Modus Penagih Pinjol: Ganti Nomor Telepon setelah Menghubungi Klien

  • Whatsapp
alexametrics


RRI.MY.ID – Komplotan penagih pinjaman online (pinjol) ilegal punya trik untuk menghilangkan jejak. Mereka langsung mengganti nomor telepon setelah dipakai. Modus itu ditemukan polisi saat berupaya melakukan pengembangan perkara.

Bacaan Lainnya

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menuturkan bahwa temuan itu menunjukkan sindikat penagih pinjol ilegal cukup licin. Mereka sudah melakukan antisipasi agar tidak mudah terlacak.

Meski begitu, kata dia, penyidik tidak akan kalah langkah. Gatot memastikan, polisi punya cara tersendiri untuk memburu mereka. ’’Hanya soal waktu,” ujarnya.

Gatot menjelaskan, penyidik mulai mengendus trik itu ketika menggeledah kantor PT Duyung Sakti Indonesia (DSI) di Jalan Raya Satelit Indah, Sukomanunggal. Di sana ditemukan ratusan kartu telepon. Hasil pendalaman menunjukkan bahwa kartu itu sengaja disiapkan untuk penagihan.

Menurut dia, satu penagih pinjol ilegal tidak akan pernah lama mengoperasikan satu nomor telepon yang sama. Terlebih setelah peminjam membayar. Mereka akan langsung berganti nomor telepon.

Lebih lanjut, dia menerangkan, tidak jarang satu penagih juga mengoperasikan lebih dari satu nomor telepon. Mereka memakainya untuk meneror satu nasabah. Jadi, seakan nasabah dikejar banyak penagih.

Gatot mengatakan bahwa strategi itu dipakai untuk mempermainkan psikis peminjam. Dengan begitu, potensi peminjam untuk segera membayar lebih besar. ’’Masyarakat yang sudah terjebak pinjol ilegal tidak perlu panik. Menko Polhukam sudah menegaskan bahwa pinjol ilegal tidak usah dibayar,” paparnya.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/surabaya/29/10/2021/modus-penagih-pinjol-ganti-nomor-telepon-setelah-menghubungi-klien/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *