Kesepian Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Sama Bahayanya dengan Obesitas

  • Whatsapp


Bacaan Lainnya

RRI.MY.ID, Jakarta – Obesitas dan merokok adalah dua faktor risiko yang bisa menyebabkan penyakit mematikan. Satu lagi faktor risiko yang jadi ancaman yang sama bahayanya, bahkan bisa lebih, adalah kesepian atau kesendirian. 

Dilansir darI Express.co,uk, Rabu, 27 Oktober 2021, penelitian yang melibatkan 300 ribu orang menemukan bahwa hidup lebih lama membutuhkan lebih dari diet sehat, olahraga rutin, dan gen yang baik. Berdasarkan Australian Longitudinal Study of Ageing, ikatan sosial yang kuat juga bisa meningkatkan umur panjang hingga 50 persen dalam satu dekade. 

Selain itu, data mengungkapkan bahwa memiliki teman dekat dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih baik daripada hanya dekat dengan keluarga.

Punya sedikit teman dinilai sama bahayanya dengan merokok 15 batang sehari, dan lebih berbahaya daripada obesitas, menurut laporan Business Insider. Sementara, orang yang memiliki teman paling banyak cenderung hidup lebih lama sebesar 22 persen.

“Kesepian, hidup sendiri dan hubungan sosial yang buruk sama buruknya untuk kesehatan, seperti merokok 15 batang sehari,” menurut penelitian itu. 

Lebih lanjut, peneliti juga mengungkapkan bahwa kesepian dapat meningkatkan risiko kematian hingga 26 persen, lebih buruk bagi daripada obesitas. 

Alasannya, kesepian dan isolasi sosial dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, depresi, penurunan kognitif, dan demensia.

Marmalade Trust, lembaga yang menyelidiki topik kesepian, menyatrakan bahwa manusia secara biologis memiliki kebutuhan kontak sosial. “Kesepian adalah ketidaksesuaian yang dirasakan RRI.MY.ID kualitas atau kuantitas hubungan sosial yang dimiliki seseorang dan apa yang ingin mereka miliki.”

Kesepian bisa terjadi bahkan ketika seseorang sedang dalam suatu hubungan atau saat menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Hal itu biasanya terjadi karena dia merasa tidak dimengerti atau diperhatikan oleh orang-orang di sekitar.

Ada lima jenis kesepian yang teridentifikasi, yakni kesepian emosional, kesepian sosial, kesepian sementara, kesepian situasional, dan kesepian kronis.

Beberapa hal yang meningkatkan perasaan kesepian RRI.MY.ID lain pindah dari rumah, memulai belajar atau bekerja di tempat baru, menjadi orang tua baru, putus cinta, berduka cita, dan pensiun. 

Baca juga: 7 Gejala Kesepian Kronis, Merasa Terisolasi Hingga Tak Punya Teman Sejati

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari RRI.MY.ID di kanal Telegram “RRI.MY.ID Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

 

 

 





Sumber : https://cantik.RRI.MY.ID/read/1522516/kesepian-berdampak-buruk-bagi-kesehatan-sama-bahayanya-dengan-obesitas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *