Kampus IKJ Gagas Tren Fashion di Era New Normal

  • Whatsapp
alexametrics


RRI.MY.ID – Sekitar dua tahun bangsa Indonesia diliputi pandemi Covid-19. Sampai akhirnya masyarakat harus hidup berdampingan dengan virus Covid-19 atau new normal. Kondisi ini menggugah akademisi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menelurkan ide tren fashion di era new normal.

Bacaan Lainnya

Gagasan menghadirkan tren mode di masa new normal itu tertuang dalam Cikini Fashion Festival (CiFFest) 2021. Agenda tahunan yang digelar sejak 2017 ini mengambil tema Fashion Movement on a New Normal. Tema ini diangkat karena pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Khususnya di dunia fashion.

Rektor IKJ Indah Tjahjawulan mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal. Mulai dari kegiatan pembelajaran di kampus, aktivitas masyarakat, dan lainnya. Meskipun begitu adanya pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi mutu dan kreatifitas. “Termasuk dalam penyelenggaraan CiFFest kali ini,” katanya dalam peluncuran CiFFest 2021 di Jakarta Jumat (29/10).

Dia mengatakan fashion harus terus berkembang. Termasuk di masa new normal saat ini. Semua ekosistem fashion, termasuk dunia pendidikan dan pelaku bisnis fashion harus berkolaborasi untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Sementara itu Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ Anindiyo Widito mengatakan isu fashion di masa new normal sangat menarik. Sebab di masa pandemi seperti saat ini, dunia fashion harus bisa menyesuaikan diri. “Kita harus berubah,” tegasnya.

Melalui kegiatan CiFFest2021 Anindiyo mengajak generasi muda untuk bersama-sama memotivasi diri. Kemudian juga untuk terus bersemangat melakukan perubahan dan mengembangkan kreativitas di dunia fashion.

“Dunia fashion harus dapat mengembangkan kreativitas untuk mendapatkan ide dan sebuah temuan baru,” katanya. Misalnya dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar. Di mana bahan ini, sebelumnya tidak menjadi pertimbangan dalam bagian proyek fashion. Sehingga di tengah kesulitan dan keterbatasan di tengah pandemi ini, mahasiswa tetap bisa berkreasi dan menghasilkan karya yang sustainable.

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/nasional/pendidikan/29/10/2021/kampus-ikj-gagas-tren-fashion-di-era-new-normal/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan