Diundang Profesor Hanze, Ingin Bisa Bertemu Presiden Jokowi di COP26

  • Whatsapp
alexametrics


RRI.MY.ID- Sungguh beruntung Aeshnina Azzahra Aqilani. Selama di Amsterdam, pelajar SMPN 12 Gresik ini mendapat banyak kesempatan langka untuk menimba ilmu tentang lingkungan. Terutama masalah sampah plastik. Kamis (28/10), bocah 14 tahun itu juga diundang ke Hanzehogeschool Groningen University of Applied Sciences (Hanze).

Bacaan Lainnya

Adalah Profesor Floris Boogaard, salah seorang guru besar di kampus ilmu teknik dan kejuruan terbesar di Belanda utara, itu yang mengundang Nina—panggilan akrab Aeshina Azzahra Aqilani. ‘’Saya diundang Profesor untuk melihat pemanfaatan sampah plastik didaur ulang menjadi batu bata, aspal, buat tembok, dan sejenisnya,’’ ujarnya kepada Jawa Pos, Jumat (29/10).

Menurut dia, daur ulang sampah plastik tersebut tetap saja memiliki dampak. Namun, paling tidak langkah itu lebih baik daripada membuang sampah-sampah plastik di sembarang tempat. Yang terbaik, tetap berupaya mengurangi penggunakan plastik sekali pakai.

‘’Dari sini kita bisa melihat dan saksikan, sudah banyak orang yang berusaha menangani masalah plastik. Termasuk di kampus Hanze. Karena plastik memang tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, mari mulai meninggalkan plastik,’’ paparnya.

Nina mendapat kesempatan seperti itu setelah pidatonya di event Plastic Health Summit 2021 di Theater Amsterdam beberapa hari lalu, memukau ratusan peserta. Mereka yang hadir sebagian besar adalah pegiat lingkungan senior, praktisi hingga akademisi bergelar profesor-doktor dari berbagai negara. Nina adalah peserta paling belia di forum internasional tersebut.

Selama di Amsterdam itu, Nina juga berkirim surat kepada Perdana Menteri Belanda Mark Rutte serta Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Sumber Daya Air Belanda Barbara Visser. Saat mengantarkan surat tersebut, Nina diterima Penasihat Internasional Strategis dalam Sirkular Ekonomi Belanda Arnoud Passenier.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/surabaya/29/10/2021/diundang-profesor-hanze-ingin-bisa-bertemu-presiden-jokowi-di-cop26/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *