Banjir di Kota Dumai, Ratusan KK Terdampak 

  • Whatsapp


RRI, Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai melaporkan sebanyak 695 KK dan  2.731 jiwa dan 695 unit rumah terdampak. Banjir ini melanda pemukiman warga di Kelurahan Bukit Datuk di Kecamatan Dumai Selatan dengan tinggi muka air berkisar RRI.MY.ID 50 – 100 sentimeter.

Bacaan Lainnya

Dilaporkan, banjir terjadi menyusul hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Dumai pada Kamis (28/10) Pukul 11.00 WIB. Hingga kini, dilaporkan ketinggian debit air sudah mulai berkurang sekitar 10 sentimeter dari kondisi awal.

Pascakejadian, BPBD Kota Dumai melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanganan darurat. Salah satunya dengan mendirikan tenda dan dapur umum. 

BPBD memberikan bantuan logistik kepada para warga yang terdampak banjir. Sebanyak 500 bantuan logistik makanan telah dibagikan. 

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Dumai berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga tiga hari kedepan (31/10). Sementara itu, analisa InaRISK menunjukan Kota Dumai memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Menyikapi hal ini, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga, terlebih dalam menghadapi potensi La Nina yang dapat terjadi pada periode Oktober 2021 sampai dengan Februari 2022. Peningkatan curah hujan ini berpotensi memicu terjadinya risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Masyarakat dapat memantau informasi prakiraan cuaca dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan melalui BMKG serta memeriksa potensi bencana disekitar wilayah melalui InaRisk. (foto: BNPB)





Sumber : https://rri.co.id/tanggap-bencana/1240399/banjir-di-kota-dumai-ratusan-kk-terdampak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *