Mengenal Kembar Fraternal, Kembar Tapi Berbeda

  • Whatsapp
Anak_Mirip_Ibu_atau_Ayah


Jika mendengar kata kembar, di pikiran kita umumnya akan terlintas dua sosok orang berjenis kelamin sama dengan wajah dan penampilan yang serupa. Tidak salah sih memang. Kembar seperti itu disebut dengan istilah kembar identik.

Bacaan Lainnya

 

Nah, tapi tahukah Mums jika ada jenis kembar yang sangat berbeda penampilannya bahkan jenis kelaminnya? Kembar seperti ini disebut dengan kembar fraternal. Penasaran apa itu kembar fraternal dan bagaimana bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Untuk Mendapatkan Bayi Kembar
 

Apa Itu Kembar Fraternal?

Kembar fraternal atau kembar dizigotik terjadi ketika dua sel telur yang berbeda dibuahi oleh dua sel sperma berbeda. Perlu diketahui bahwa ada kalanya wanita menghasilkan dua sel telur bersamaan selama ovulasi. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah hiperovulasi.

 

Hiperovulasi bisa dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya:

– Genetika

Genetika dipercaya sebagai faktor utama pemicu terjadinya hiperovulasi. Tidak heran jika kembar fraternal bisa terjadi secara turun-temurun. Seorang wanita yang memiliki gen untuk hiperovulasi dapat menurunkan kepada putrinya. Jadi, peluang anak perempuan tersebut memiliki anak kembar akan lebih tinggi.

 

Sementara itu, pada pria yang membawa kromosom X (wanita) dan Y (pria), juga dapat memiliki kemungkinan mengalami hiperovulasi. Pria dapat menurunkan gen ini kepada putrinya, sehingga peluang sang Putri memiliki anak kembar juga akan semakin tinggi.

 

Meski begitu, perlu diingat jika seorang pria memiliki gen hiperovulasi, hal tersebut tidak secara langsung meningkatkan peluang seorang pria dapat memberikan keturunan kembar fraternal. Pasalnya, gen hiperovulasi pada pria tidak mengubah pola ovulasi dari pasangan wanitanya.

 

– Tinggi badan

Wanita yang lebih tinggi biasanya juga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil kembar.

 

– Indeks massa tubuh

Wanita dengan indeks massa tubuh di atas 30 biasanya memiliki simpanan lemak yang lebih besar pada tubuhnya. Kondisi ini membuat tubuhnya menghasilkan lebih banyak kadar estrogen.

 

– Usia

Seiring bertambahnya usia, wanita cenderung lebih sering mengalami hiperovulasi.

 

– Riwayat kehamilan dan kelahiran sebelumnya

Wanita yang sebelumnya telah melahirkan beberapa anak akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki anak kembar.

 

– Ras

Tingkat kelahiran kembar tertinggi ditemukan pada populasi Afrika Tengah. Sementara Asia dan Amerika Latin memiliki tingkat kelahiran kembar terendah.

 

Baca juga: Ini Faktor untuk Memiliki Anak Kembar!
 

Jenis Kelamin Kembar Fraternal

Bayi yang terlahir dengan kondisi kembar fraternal bisa berjenis kelamin sama atau berbeda. Kembar dengan perbedaan jenis kelamin adalah kembar fraternal yang paling umum terjadi, yakni sekitar 50%. Kembar fraternal dengan keduanya berjenis kelamin perempuan adalah kejadian paling umum kedua. Sementara, kembar fraternal laki-laki adalah yang paling jarang terjadi.

Perbedaan Kembar Fraternal dan Kembar Identik

Selain dibuahi oleh jumlah sel sperma yang berbeda, terdapat beberapa perbedaan lain RRI.MY.ID kembar fraternal dan kembar identik. Pada kembar identik atau monozigot, sel telur akan terbelah menjadi dua di minggu-minggu pertama setelah pembuahan. Pembelahan inilah yang akhirnya menghasilkan dua bayi identik, yang nantinya akan saling berbagi kantong ketuban.

 

Hal ini berbeda dengan kembar fraternal, di mana biasanya bayi kembar tidak berbagi plasenta yang sama karena terbentuk dari dua sel telur dan dua sel sperma berbeda. Kembar fraternal juga biasanya akan berada di kantong ketuban dan struktur jaringan pendukung yang berbeda.

 

Karena terbentuk dari satu sel sperma, kembar identik memiliki DNA yang sama sepenuhnya. Itulah mengapa penampilan kembar identik akan tampak sama persis. Kembar fraternal hanya memiliki kesamaan DNA sekitar 50%, sehingga tampilan mereka bisa berbeda.

Nah, itulah beberapa hal mengenai kembar fraternal yang perlu diketahui. Meski disebut kembar, nyatanya kembar fraternal terbentuk dari dua sel sperma dan DNA berbeda, sehingga jenis kelamin dan tampilan keduanya bisa saja berbeda. Unik banget ya, Mums? (AS)

Baca juga: Hamil Kembar? Bersiaplah untuk Merasakan Hal Ini!
 

 

Referensi

Very Well Family. “What Are Dizygotic Twins?”.

Very Well Family. “What Are Fraternal Twins?”.

WebMD. “What Are Dizygotic Twins?”.

 





Sumber : https://www.guesehat.com/apa-itu-kembar-fraternal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *