Cara-cara untuk Menghilangkan Efek Dagu Berlipat

  • Whatsapp
Cara-cara untuk Menghilangkan Efek Dagu Berlipat


Punya satu dagu saja sebenarnya sudah cukup. Sayangnya, ada beberapa faktor yang bikin dagu jadi berlipat. Akibatnya, kita jadi kurang percaya diri. Ada yang mengakalinya dengan memakai syal atau kaos berkerah tinggi hingga turtleneck. Namun, itu hanya solusi sementara, ya. Bagaimana ya caranya kita bisa menghilangkan dagu berlipat?

Bacaan Lainnya

 

Penyebab Dagu Berlipat

Obesitas menjadi salah satu yang dituding sebagai biang keladi dagu berlipat. Namun, sebenarnya ada beberapa faktor lain yang juga menyebabkan hal ini. Meskipun obesitas menjadi penyebab utama, genetik dalam keluarga juga berperan besar dalam menyebabkan dagu berlipat.

 

Selain itu, postur tubuh yang buruk juga menyebabkan dagu tampak berlipat. Apalagi, seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit berkurang. Makanya, kulit jadi tampak kendur, terutama pada bagian dagu dan leher. 

 

Tips Menghilangkan Efek Dagu Berlipat

Dagu berlipat tentunya bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Kendati demikian, percaya atau tidak, ada lho cara menghilangkannya! Selain berusaha menurunkan berat badan dan memperbaiki postur tubuh, kita bisa mencoba salah satu cara di bawah ini:

 

Ini adalah cara termudah untuk menghilangkan efek dagu berlipat. Hanya butuh beberapa menit setiap hari, kok! Begini caranya:

  • Angkat kepala dan menghadap ke arah langit-langit.
  • Kerucutkan bibir seperti hendak mencium. Tahan beberapa detik sebelum mengulanginya lagi beberapa kali.
  • Kembali ke posisi semula, dengan bibir normal dan kepala berhenti menengadah.

 

Metode ini melibatkan prosedur dengan cara injeksi. Dokter dapat mengontrol letak dan jumlah lemak di daerah dagu yang dapat dihilangkan. Isi injeksi berupa sejenis asam yang dapat dicerna untuk menghancurkan lemak. Sebaiknya siapkan dana yang besar dan luangkan waktu lebih untuk perawatan ini.

 

Dengan metode Kybella, kamu membutuhkan dua hingga empat kali perawatan dengan waktu enam hingga delapan minggu. Hasilnya baru akan terlihat dalam dua hingga tiga bulan sesudah perawatan. Efek samping berupa kulit kemerahan, lebam, hingga bengkak, tetapi tidak akan bertahan lama. Pasien akan sembuh dengan sendirinya.

 

  • Sedot lemak (liposuction)

Bedah plastik untuk menghilangkan lemak biasanya dilakukan untuk daerah sekitar perut dan pinggang. Namun, liposuction juga bisa untuk menghilangkan efek dagu berlipat. Yang pasti, sesudah melakukan prosedur ini, sebaiknya kamu beristirahat selama beberapa hari.

 

Terapi laser ternyata tidak hanya untuk mengurangi gangguan penglihatan, seperti LASIK. Terapi ini juga berfungsi untuk menghilangkan efek dagu berlipat yang mengganggu penampilan.

 

Doris Day, MD., praktisi medis sekaligus penulis buku berjudul Beyond Beautiful menyarankan terapi laser bernama Fotona. Terapi ini mampu melelehkan lemak yang menumpuk di dalam dagu. Biasanya, terapi ini membutuhkan tiga hingga lima kali perawatan.

 

FaceTite adalah sebutan untuk terapi frekuensi radio untuk menghilangkan efek dagu berlipat. Menurut Spero Theodorou, MD., penemu dan direktur bedah bodySCULPT di New York City, Amerika Serikat, metode ini terpusat pada area seputar dagu.

 

Dengan biaya yang sama dengan sedot lemak atau liposuction, masa penyembuhan sesudah terapi ini justru lebih singkat. Perkembangan dan hasilnya dapat terlihat secara bertahap setiap bulan.

 

Terapi ini disebut juga dengan coolsculpting. Terapi ini tidak akan meninggalkan bekas sementara berupa bengkak atau memar pada area dagu. Ini tidak sama dengan injeksi. Menurut Debra Jaliman, MD., praktisi medis sekaligus penulis buku Skin Rules, lemak yang termetabolisasi akan keluar lewat urine.

 

Paling yang terasa sementara hanyalah kulit yang lembek pada area dagu sesudah perawatan. Nyaris tidak perlu waktu istirahat khusus untuk ini. Terapi dengan cara ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan.

 

Ternyata, banyak cara untuk menghilangkan efek dagu berlipat. Namun, apa pun keputusanmu, yang penting tetap percaya dengan penampilan dan kepribadian diri sendiri, ya. (AS)

 

Referensi

Reader’s Digest: How to Get Rid of a Double Chin: What Really Works

Healthline: How Can I Get Rid of My Double Chin?

Medical News Today: How to get rid of a double chin?

 





Sumber : https://www.guesehat.com/cara-cara-untuk-menghilangkan-efek-dagu-lipat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *