Puting Lecet Saat Menyusui? Yuk, Atasi dengan Ini! – Mamapapa.id %

  • Whatsapp


Pejuang ASI tentu pasti tahu bagaimana rasanya jika puting lecet saat menyusui, tentu rasa tidak nyaman dalam proses menyusui akan terganggu bukan? Jika tidak segera diatasi dengan tepat, puting lecet bisa semakin infeksi dan membuat Mams bahkan Si Kecil merasa tidak nyaman selama proses menyusui berlangsung.

Bacaan Lainnya

Saat putting sedang mengalami infeksi, Mams pasti bakal mikir panjang untuk menyusui Si Kecil bukan? Namun, jika tidak dikasih tentu Si Kecil rewel dan payudara bisa bengkak. Huhu, memang serba salah ya Mams.

Penyebab Putting Lecet

Umumnya, puting lecet disebabkan oleh pelekatan ASI yang tidak tepat loh Mams! Jika pelekatan ASI tidak tepat dan posisi menyusui tidak pas, kemungkinan besar lecet pada puting akan terus terjadi. Akibatnya Mams akan merasakan kesakitan dan Si Kecil juga tidak merasa nyaman saat proses menyusui berlangsung. Untuk itu, ada baiknya untuk mengatur posisi dan pelekatan pada ASI.

Namun, jika puting lecet saat menyusui tidak kunjung reda dan posisi menyusui sudah pas Mams nggak perlu khawatir. Berikut beberapa cara yang dapat Mams lakukan jika terjadi lecet atau iritasi pada putting saat menyusui.

Lakukan Relaksasi

Santai sejenak dengan mandi air hangat bisa meredakan nyeri pada puting lecet saat menyusui loh Mams! Saat melakukan relaksasi sendiri, cobalah untuk lakukan pemijatan pada payudara dan bersihkan bagian yang luka secara perlahan menggunakan air hangat.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan pada Paps untuk menjaga Si Kecil, sementara Mams sedang melakukan relaksasi dalam penyembuhan putting lecet saat menyusui. Yuk, dicoba.

Gunakan Minyak Zaitun

Mengoleskan minyak zaitun juga bisa menjadi solusi yang baik untuk mengurangi rasa nyeri saat puting lecet loh Mams! Mams bisa menggunakan minyak zaitun beberapa tetes dengan menggunakan air hangat, lalu oleskan pada bagian yang lecet. Minyak zaitun berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan melembabkan agar dapat memberikan kelembutan pada bagian payudara.

Jika tidak ada minyak zaitun, Mams juga bisa menggantikannya dengan VCO ya. Lakukan secara rutin yuk Mams, agar puting lecet saat menyusui segera membaik.

Oleskan ASI sebelum dan Sesudah Menyusui

Dikutip dari halodoc menyebutkan bahwa studi ACS Publications mengatakan, ASI yang diproduksi oleh tubuh ibu sebenarnya mengandung anti-bakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengobati puting lecet dan mengurangi rasa sakit.

Mams bisa mengoleskan beberapa tetes ASI pada area puting yang lecet sebelum dan sesudah menyusui, kemudian angin-anginkan hingga kering. Cukup mudah dan praktis bukan?

Lakukan Kompres

Jika tidak sempat untuk melakukan relaksasi dengan mandi air hangat, Mams bisa loh melakukan kompres untuk mengurangi rasa sakit di pada bagian puting lecet. Cukup ambil handuk dan rendam di air hangat, kemudian kompres payudara sebelum menyusui. Bukan hanya meredakan nyeri loh Mams, kompres ini juga berguna untuk membersihkan area puting dan meningkatkan produksi ASI.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Hindari stress dan mengatur pola makan sehat adalah hal yang wajib Mams lakukan untuk memulihkan puting lecet saat menyusui. Pilihlah makanan-makanan dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mams untuk melawan beberapa infeksi jamur yang rentan terjadi ketika puting lecet.

Yuk, rutinkan dari sekarang untuk mengonsumsi buah dan sayuran, bila perlu minum vitamin atau suplemen untuk menunjang produksi ASI.

Cukup mudah kan Mams untuk merawat putting lecet saat menyusui? Dengan bahan-bahan dan pola hidup yang sehat semua dapat teratasi dengan baik. Semoga membantu ya.





Sumber : https://mamapapa.id/cara-atasi-puting-lecet-saat-menyusui/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan