Mums, Ternyata Penting Mengajarkan Anak Cuci Tangan dengan Rutin!

  • Whatsapp
Mums, Ternyata Penting Mengajarkan Anak Cuci Tangan dengan Rutin!


Cuci tangan itu sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, enggak cuma di masa pandemi Covid-19 ini. Maka itu, Mums harus menanamkan kebiasaan cuci tangan pada anak sejak dini. 

Bacaan Lainnya

 

Dengan mengajarkan anak cuci tangan sejak dini, ia akan terbiasa membersihkan tangannya setiap sebelum makan dan setelah memegang sesuatu. Apa saja sih manfaat mengajarkan anak cuci tangan? Yuk Mums, baca penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Heboh Muncul Iklan Video LGBT, Begini Cara Membuat Youtube Kids Aman untuk Anak
 

 

Pentingnya Mengajarkan Anak Cuci Tangan dengan Rutin

Cuci tangan merupakan aktivitas yang sangat simpel dan mudah dilakukan. Tapi, tetap saja nih masih banyak orang yang malas cuci tangan. Mums perlu menjadi contoh dan mengajarkan si Kecil untuk cuci tangan dengan rutin, apalagi sekarang anak-anak sudah mulai sekolah tatap muka. 

 

Dengan mengajarkan anak cuci tangan dengan rutin, ia akan terbiasa untuk menjaga kebersihan saat berada di sekolah. “Cuci tangan itu harus terus diterapkan, ditingkatkan awareness-nya, dilakukan, diajarkan, dan ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya dengan cara yang benar,” jelas dr. Kanya Ayu Paramastri, SpA pada acara Lifebuoy Gencarkan Edukasi ‘C untuk Cuci Tangan’, Kamis 14 Oktober 2021.

 

Lalu, bagaimana sih cara cuci tangan yang benar? Penting nih sebagai orang tua, Mums harus mengajarkan anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun. Pasalnya, cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir itu efektif mencegah penularan beragam penyakit infeksi, bukan cuma Covid-19 saja.

 

Penyakit infeksi atau menular yang dimaksud seperti, diare, hepatitis A, pneumonia, dan lainnya. Apalagi, penyakit-penyakit menular seperti diare dan pneumonia sangat rentan menyerang anak-anak. Bahkan, kedua penyakit menular tersebut merupakan penyebab kematian pada anak balita terbesar di Indonesia. 

 

Baca juga:Semua Mums yang Mengerjakan? Yuk, Kenali 5 Tanda Suami Absen dari Pengasuhan Anak
 

Risiko kematian akibat kedua penyakit tersebut bisa dicegah dengan hanya rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Dr. Kanya menjelaskan bahwa sabun mengandung suatu senyawa yang baik untuk membasmi virus dan bakteri. 

 

“Saat cuci tangan, senyawa di dalam sabun ini akan bersentuhan dengan virus dan bakteri, sehingga dinding virusnya ini menjadi hancur karena lapisan lemaknya tertarik oleh sabun,” ujar dr. Kanya. Inilah kenapa, penting mengajarkan anak cuci tangan secara benar, yaitu menggunakan sabun dan air mengalir. 

 

Jadi, cuci tangan itu harus dengan sabun, agar dinding virus terbongkar, sehingga virus akan mati. Penting membilas tangan menggunakan air yang mengalir, agar virus yang sudah hancur tersebut luruh dan tidak menempel lagi di tangan. 

 

Selain itu, aturan penting dalam cara cuci tangan yang benar adalah harus dilakukan selama minimal 20 detik. Jadi, selain mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Mums jangan sampai lupa memberi tahu anak tentang durasi cuci tangan yang tepat.

 

Jadi, Mums jangan sampai lupa ya mengajarkan si Kecil tentang cara cuci tangan yang benar, supaya ia terbiasa melakukannya. Hanya dengan cuci tangan, si Kecil bisa tumbuh sehat, tidak mudah sakit, dan terhindar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. (UH)

 

Baca juga: Penting, Mums! Ini 11 Jenis Permainan untuk Perkembangan Anak!

Sumber:

Kid’s Health. Why Do I Need to Wash My Hands?. September 2018.
Stanford Children Health. Teaching Kids to Wash Their Hands. Oktober 2019.





Sumber : https://www.guesehat.com/penting-mengajarkan-anak-cuci-tangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan