5 Makanan yang Bikin Awet Muda: Kaya Kolagen!

  • Whatsapp
5 Makanan yang Bikin Awet Muda: Kaya Kolagen!


Secara sederhana, kolagen didefinisikan sebagai zat yang menyatukan tubuh. Kolagen merupakan protein struktural paling melimpah di tubuh manusia yang bertindak sebagai blok bangunan untuk tulang, gigi, otot, kulit, sendi, dan jaringan ikat.

Bacaan Lainnya

 

Senyawa ini mendukung penampilan kulit yang halus dan memberikan kekuatan pada tulang dan otot kita. Namun, setelah usia 25 tahun, kadar kolagen dalam tubuh terus menurun, hal ini pula yang memicu timbulnya tanda-tanda penuaan. Karenanya, kolagen juga sering disebut sebagai kunci untuk mendapatkan fisik yang awet muda.

 

Untungnya, kita bisa berusaha meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Makan makanan kaya kolagen dapat membantu tubuh membuat kolagen. Cara lain untuk meningkatkan produksi kolagen adalah makan makanan dengan nutrisi penambah kolagen tertentu seperti tembaga, seng, dan vitamin C, yang bekerja sama dengan bekerja satu sama lain dalam jaringan ikat untuk membantu menjaga kolagen tetap kuat dan elastis.

 

Sekarang pertanyaannya, makanan apa saja yang bisa membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen? Cari tahu jawabannya yuk!

 

Baca juga: Rahasia Umur Panjang Sampai 100 Tahun!

 

Makanan yang Bikin Awet Muda 

Berikut ini makanan rahasia untuk awet muda!

 

1. Kaldu tulang

Salah satu sumber kolagen terbaik adalah kaldu tulang. Kaldu tulang dibuat dengan memasak tulang ayam, sapi, atau tulang hewan lainnya untuk mengekstrak kolagen dan mineral. Proses ini memang cukup memakan waktu, namun ini sebanding dengan khasiat dari kaldu tulang. Selain itu, jika ingin lebih praktis, kamu bisa mendapatkan produk kaldu tulang berkualitas tinggi yang sudah dikemas untuk kamu gunakan secara langsung.

 

2. Telur

Telur, khususnya bagian putihnya mengandung glisin dan prolin, yang merupakan asam amino utama yang menyusun kolagen. Tapi selain itu, kuning telurnya juga tidak kalah penting. 

 

Kuning telur mengandung vitamin D dan lemak sehat yang membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan otot. Selain tinggi nutrisi, telur juga mudah diolah menjadi apa saja sehingga harus selalu ada di dalam rumahmu.

 

3. Ikan

Ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen, menjadikan makanan ini sumber alami zat pembentuk kulit. Berdasarkan studi di jurnal Food and Nutrition Sciences, kolagen dari ikan bahkan mungkin lebih disukai daripada kolagen yang ditemukan dalam daging yang mengandung protein, seperti daging sapi atau babi.

 

Menurut penelitian tersebut, kolagen ikan diserap hingga 1,5 kali lebih efisien ke dalam tubuh jika dibandingkan dengan kolagen dari sapi atau babi. Fakta ini membuat ikan dianggap sebagai salah satu sumber kolagen terbaik.

 

Perlu dicatat, saat memasak ikan di rumah, pastikan untuk memakan kulitnya juga. Sebab, kulit ikan juga mengandung kolagen, bahkan telah lama digunakan untuk membantu menyembuhkan korban luka bakar.

 

Baca juga: Ingin Awet Muda, Hindari Faktor Risiko Penuaan Kulit Berikut!

 

4. Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C yang baik. Setengah cangkir paprika merah yang diiris, misalnya, mengandung 117 miligram vitamin C. Jumlah itu dapat memenuhi hampir satu setengah kali lipat nilai harian yang direkomendasikan.

 

Paprika juga mengandung capsaicin, senyawa pemberi rasa pedas yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat melawan tanda-tanda penuaan. Sebuah studi dalam  European Biophysics Journal menemukan bahwa capsaicin, yang biasanya ditemukan dalam makanan nabati yang pedas, meningkatkan stabilitas serat kolagen di tendon dan melindungi serat kolagen dari degradasi enzimatik.

 

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai makanan super dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Ternyata, makan sayuran berdaun hijau, seperti kale dan bayam, merupakan makanan tinggi vitamin C, seng, dan tembaga; itu adalah trifecta penambah kolagen.

 

Faktanya, satu cangkir kale mentah cincang mengandung hampir satu setengah kali lipat dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan. Selain itu, klorofil yang ditemukan dalam makanan seperti kale telah terbukti meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

 

Kolagen memiliki banyak sekali fungsi bagi tubuh, seperti meningkatkan elastisitas, menghaluskan kerutan, mencegah pengeroposan tulang, mengatasi radang sendi, dan masih banyak lagi. Makan makanan di atas dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh dan mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

 

Baca juga: Mau Awet Muda, Sering-seringlah Bercinta!

 

 

 

Referensi:

Eatthis.com. Collagen-rich-foods

NCBI. Ncbi.nlm.nih.gov/pubmed

Byrdie.com. Foods-are-high-in-collagen

 

 





Sumber : https://www.guesehat.com/5-makanan-yang-bikin-awet-muda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *