Ciri Hamil 1 Minggu, Bisakah Terdeteksi? – Mamapapa.id %

  • Whatsapp


Kehamilan menjadi salah satu hal yang dinantikan setiap pasangan, terutama bagi pasangan baru. Karena kehamilan menjadi salah satu anugerah dari Tuhan untuk semua pasangan, sehingga tidak jarang banyak pasangan yang melakukan apapun agar bisa hamil dengan sehat. Bahkan sebagian dari mereka sangat antusias jika merasakan beberapa ciri kehamilan, seperti muntah pada pagi hari atau dikenal dengan morning sickness.

Bacaan Lainnya

Lalu, apakah hamil 1 minggu bisa terdeteksi nggak ya Mams selain menggunakan test pack? Sebagian Mams biasanya akan merasakan kehamilan diminggu ke-4 kehamilan.

Ciri Hamil 1 Minggu

Dikutip dari kumparan.com Dokter dan bidan biasanya akan menghitung usia kehamilan dari hari pertama hari terakhir (HPHT) haid maupun dari tanggal konsepsi. Namun, berdasarkan siklus ovulasi biasanya ini terjadi pada hari ke 13 hingga ke 20 setelah HPHT dengan Mams yang memiliki siklus haid teratur sekitar 28 hari.

Lalu, bagaimana sih Mams dapat mengetahui ciri kehamilan saat hamil 1 minggu? Berikut penjelasannya:

Adanya Flek

Mengalami flek ataupun pendarahan biasanya akan Mams alami saat hamil minggu pertama, ini disebabkan adanya darah menstruasi yang tersisa di dalam rahim. Flek ini dikenal dengan nama leukorea, dan sifatnya normal! So, jangan khawatir ya Mams.

Flek ini biasanya berwarna bening, putih susu, tipis, serta berbau ringan. Menurut para ahli, adanya flek ini berguna untuk mengurangi risiko infeksi yang terjadi pada vagina dan rahim.

Mengalami Morning Sickness

Salah satu ciri yang paling tampak adalah Mams akan merasakan mual atau bahkan mengalami morning sickness. Pada masa ini, cobalah untuk tetap mengonsumsi makanan-makanan sehat ya Mams jika mengalami muntah yang berlebihan ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sering Mengalami Kram Perut

Minggu pertama usai terjadi konsepsi, biasanya banyak Mama-Mama yang mengeluh mengalami kram perut. Mengapa? Pasalnya telah terjadi penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim yang disebut juga dengan implantasi. Namun masih banyak juga Mama-Mama di sini yang sekadar mengira kram perut ini sebagai tanda-tanda menstruasi.

Perubahan Pada Tubuh

Mams bisa saja menjadi mudah lelah dan lesu, serta akan merasakan sakit pada payudara jika tersentuh. Tanda awal kehamilan bisa Mams lihat juga pada sekitar areola atau area di sekeliling puting susu karena adanya perubahan warna, yaitu akan menjadi lebih gelap. Selain mudah lelah, mood Mams juga terkadang bisa berubah-ubah karena perubahan hormon yang terjadi, terkadang bisa menjadi sangat mudah marah, menangis sendiri tanpa sebab dan lainnya.

Test Pack Hamil 1 Minggu

test pack terbaik
sumber gambar: glamour.com

Jika sudah merasakan beberapa perubahan di atas, memang sih kita nggak sabar untuk melakukan test pack! Namun, apakah hasil tersebut akan terlihat pada hamil 1 minggu nggak ya? Nah, menurut para ahli jika Mams melakukan test pack pada minggu pertama kehamilan biasanya hasil bisa menunjukkan negatif atau bahkan garis terlihat samar. Biasanya hasil akan terlihat pada usia kehamilan 3 hingga 4 minggu.

Mengapa pada usia hamil 1 minggu belum terdeteksi menggunakan test pack? Ini bisa saja terjadi karena pada kehamilan 1 minggu belum adanya janin di perut mama, karena ini merupakan tahap pertama sebelum fertilisasi terjadi dan membuahkan janin.

Lalu, kapan nih waktu yang tepat untuk menggunakan alat test pack ini? Nah, para ahli menyarankan untuk melakukan test pack setelah mengalami keterlambatan datang bulan Mams! Jika belum, sebaiknya niat untuk melakukan test pack ditunda dulu ya agar Mams tidak kecewa dengan hasilnya.

So, jangan terlalu terburu-buru ya Mams? Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan memang dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan dalam menggunakan alat satu ini. Disarankan nih, jika Mams  sudah merasakan tanda-tanda kehamilan yang telah disebutkan di atas, maka cobalah untuk beristirahat yang cukup. Jika mengalami keraguan dengan apa yang sedang Mams alami, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.





Sumber : https://mamapapa.id/ciri-hamil-1-minggu-bisakah-terdeteksi/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan