Tips Agar iPhone Lama Tetap Bisa Digunakan Anak Belajar! – Mamapapa.id

  • Whatsapp


Ponsel pintar atau smartphone milik Apple, yakni iPhone sudah hadir selama 14 tahun. Sejak pertama kali diluncurkan pada 9 Januari 2007 hingga saat ini, tercatat sudah ada 29 jenis. Mulai dari iPhone 2G sampai yang terbaru adalah iPhone 12 Pro Max. Tentu saja sederet teknologi terbaru dan tercanggih selalu ditambahkan di setiap produk terbarunya.

Bacaan Lainnya

Bagi Mams yang sudah nyaman menggunakan iPhone, tentu akan terasa menyenangkan jika bisa menggunakan produk terbaru mereka. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang harus sedikit bersabar untuk memakai iPhone terbaru, atau justru lebih nyaman menggunakan seri lama, iPhone 7 Plus misalnya.

Baca Juga : Tega! Ibu Bunuh Anak Karena Belajar Online

Tips Agar iPhone Lama Mams Tetap Terjaga Kualitasnya!

Ada beberapa alasan iPhone 7 Plus masih cukup diminati, salah satu yang terpenting adalah operation system atau iOS. Meski sudah ada beberapa seri iPhone terbaru, iPhone 7 Plus masih mendapatkan iOS paling terbaru. Selain itu, tentu ada alasan-alasan lainnya, misalnya harga yang terhitung cukup terjangkau ketimbang seri iPhone terbaru.

Jika Mams pengguna iPhone 7 Plus atau seri iPhone lama lainnya, Mams harus bisa merawat smartphone tersebut agar tetap awet dan terjaga performanya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Mams lakukan untuk menjaga iPhone lama Mams.

  1. Selalu Gunakan Aksesoris yang Asli

Salah satu hal yang cukup sering dianggap sepele oleh para pengguna iPhone adalah menggunakan aksesoris yang tidak original. Sudah pasti hal tersebut akan memengaruhi kondisi iPhone Mams jika dilakukan terus menerus. Biasanya, kabel dan kepala charger jadi aksesoris palsu yang paling sering digunakan.

Membeli aksesoris iPhone yang asli memang terbilang cukup mahal. Tapi tentu saja jauh lebih baik ketimbang harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi jika ada bagian-bagian dari iPhone Mams yang rusak, karena menggunakan aksesoris yang palsu. Tak hanya iPhone, Mams juga perlu menjaga dan merawat aksesoris dari smartphone tersebut.

  1. Jangan Gunakan iPhone Saat Pengisian Baterai

Kebiasaan yang buruk saat menggunakan iPhone juga bisa jadi alasan cepat rusaknya sebuah iPhone. Contohnya adalah memakai iPhone saat sedang dilakukan pengisian baterai. Hal tersebut akan menimbulkan panas berlebih dari iPhone tersebut. Imbasnya akan ada bagian-bagian dari iPhone yang mengalami kerusakan, selain baterai tentunya.

Jika keadaan tidak mendesak, sebisa mungkin biarkan iPhone Mams terisi terlebih dahulu sebelum Mams gunakan kembali. Hal tersebut juga berlaku bagi Mams yang suka mengisi baterai iPhone melalui power bank. Bahkan, pengisian baterai iPhone menggunakan power bank juga disarankan tidak dilakukan jika tidak mendesak. Apalagi jika power bank Mams punya kualitas yang kurang baik.

  1. Selalu Update iOS Terbaru

Apple secara berkala biasanya akan melakukan pembaruan operation system atau iOS. Apple melakukan hal tersebut untuk mengoptimalkan sistem-sistem yang ada. Tak jarang bahkan untuk membenahi beberapa error atau bug. Meskipun harus diakui, ada beberapa iPhone yang sengaja tak lagi diberikan update iOS terbaru.

Jika iPhone Mams masih mendapatkan update terbaru dari iOS tersebut, maka sebaiknya Mams segera melakukan update. Mams perlu melakukannya agar kinerja iPhone Mams tetap optimal dan tidak terganggu. Tak sedikit juga beberapa aplikasi terkini yang memiliki syarat iOS paling update agar bisa digunakan.

  1. Gunakan Casing dan Pelindung Layar

Tak hanya software yang perlu dijaga pemakaiannya, hardware iPhone Mams sudah pasti perlu diperhatikan. Tentu Mams tidak ingin memiliki smartphone yang secara tampilan fisik terbilang buruk. Terdapat penyok di bodi, lecet, atau bahkan keretakan di layar. Yang mana hal-hal tersebut tidak jarang dialami oleh para pengguna iPhone.

Untuk menghindari hal-hal tersebut sebenarnya tidak sulit. Mams bisa menggunakan casing yang banyak dijual di pasaran. Selain mencari yang sesuai selera Mams, pastikan casing tersebut aman untuk digunakan dan dapat melindungi bodi iPhone Mams. Mams juga bisa menambah pelindung untuk layar iPhone Mams agar tidak mudah kotor, lecet, atau bahkan retak.

  1. Rajin Back Up Data

Smartphone pada kondisi sekarang ini punya bermacam-macam fungsi. Tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone mereka untuk menyimpan data-data penting. Akan tetapi terkadang iPhone yang Mams gunakan tiba-tiba eror dan jalan satu-satunya untuk membenarkannya adalah dengan cara restore. Itu tandanya semua data yang ada di iPhone Mams akan hilang.

Itu sebabnya melakukan back up data secara berkala sangat disarankan bagi Mams para pengguna iPhone. Bisa melalui laptop atau layanan iCloud milik Apple. Setelah melakukan back up data, Mams bisa lebih leluasa untuk menghapus data-data yang sekiranya kurang penting, seperti foto atau video. Dengan begitu memori iPhone Mams akan berkurang pemakaiannya dan membuat iPhone semakin lancar.

  1. Cermat Memilih Aplikasi

Ada sangat banyak aplikasi yang ditawarkan untuk para pengguna iPhone. Entah itu untuk keperluan hiburan atau kebutuhan-kebutuhan yang cukup penting. Akan tetapi cukup sering aplikasi-aplikasi tersebut hanya berdiam di iPhone dan jarang sekali digunakan setelah di-download.

Untuk itu lah Mams perlu memilih aplikasi-aplikasi yang memang diperlukan di smartphone Mams. Segera hapus aplikasi yang jarang atau tidak terpakai sama sekali demi memberikan ruang pada iPhone Mams. Dengan begitu, Mams bisa menghindari iPhone Mams menjadi lambat saat digunakan.

Baca Juga : Belajar Online Bikin Pusing, Ini Kiat Sukses Dampingin ABK saat Pandemi!

Itu tadi beberapa tips yang bisa Mams lakukan agar iPhone lama Mams tetap terjaga kondisinya. Jika Mams sedang mencari iPhone seri-seri yang lama hingga paling baru, Mams bisa mencarinya di Blibli. Ada cukup banyak pilihan, baik iPhone itu sendiri dan sederet aksesoris original lainnya.





Sumber : https://mamapapa.id/agar-iphone-lama-tetap-bisa-digunakan/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan