Perusahaan Scotch Pakai Limbah Penyulingan Wiski untuk Bahan Bakar Truk

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Jakarta – Pembuat wiski Scotch, Glenfiddich, mengubah truk pengirimannya dengan bahan bakar biogas rendah emisi yang terbuat dari produk limbah penyulingan wiskinya sendiri sebagai bagian dari inisiatif, katanya pada Selasa.

Bacaan Lainnya

Glenfiddich mengatakan telah memasang stasiun pengisian bahan bakar di penyulingan Dufftown di timur laut Skotlandia, yang menggunakan teknologi perusahaan induknya William Grant & Sons, untuk mengubah limbah dan residu produksinya menjadi gas Ultra-Low Carbon Fuel (ULCF), yang menghasilkan karbon minimal dioksida dan emisi berbahaya lainnya.

Stuart Watts, direktur penyulingan di William Grant & Sons milik keluarga, mengatakan secara tradisional Glenfiddich telah menjual biji-bijian bekas yang tersisa dari proses pembuatan malt untuk digunakan sebagai pakan ternak berprotein tinggi.

Tetapi melalui proses anaerobik, di mana bakteri memecah bahan organik yang menghasilkan biogas, penyulingan juga dapat menggunakan limbah cair dari proses untuk membuat bahan bakar dan akhirnya mendaur ulang semua produk limbahnya dengan cara ini.

“Proses pemikiran di balik ini adalah ‘hal lebih baik apa yang bisa kita lakukan untuk kita semua?’,” kata Watts, dikutip dari Reuters, 27 Juli 2021.

Stuart Watts, direktur perusahaan induk Glenfiddich William Grant & Sons, berdiri di dekat stasiun pengisian bahan bakar di samping truk mereka, yang menggunakan biogas berbasis produk sampingan wiski, di Dufftown, Skotlandia, Inggris, 26 Juli 2021 [Courtesy of William Grant & Sons/Handout via REUTERS]

Penyuling, yang menjual lebih dari 14 juta botol wiski single malt per tahun, mengatakan biogas berbasis limbah wiskinya telah menggerakkan tiga truk yang diubah secara khusus yang mengangkut minuman Glenfiddich dari produksi di Dufftown hingga pembotolan dan pengemasan, meliputi empat William Grant Situs & Sons di Skotlandia tengah dan barat.

Penulis sejarah Inggris abad ke-16 Raphael Holinshed menulis bahwa, jika dikonsumsi secukupnya, banyak manfaat pengobatan wiski termasuk mencegah “kepala berputar-putar, lidah melepuh….tangan menggigil, tulang-tulang sakit.”

Namun ternyata produk limbahnya juga bisa bermanfaat bagi lingkungan.

Pemandangan truk Glenfiddich, yang menggunakan biogas berbasis produk sampingan wiski, di Dufftown, Skotlandia, Inggris, 26 Juli 2021. [Courtesy of William Grant & Sons/Handout via REUTERS]

Penyuling mengatakan biogas memotong emisi CO2 lebih dari 95% dibandingkan dengan solar dan bahan bakar fosil lainnya, dan mengurangi partikulat berbahaya lainnya dan emisi gas rumah kaca hingga 99%.

Setiap truk akan mengalihkan hingga 250 ton CO2 setiap tahun, kata Glenfiddich.

Truk yang digunakan Glenfiddich adalah kendaraan yang diubah dari pembuat truk Iveco yang biasanya menggunakan gas alam cair.

Watts mengatakan Glenfiddich memiliki armada sekitar 20 truk dan teknologinya dapat diterapkan di seluruh armada pengiriman merek wiski William Grant & Sons dan dapat ditingkatkan untuk mengisi bahan bakar truk perusahaan lain.

Industri wiski Skotlandia berharap untuk mencapai target nol karbon pada tahun 2040.

Baca juga: Wiski Terbaik Dunia Diproduksi di Negara Ini

REUTERS





Sumber : https://dunia.RRI.MY.ID/read/1488025/perusahaan-scotch-pakai-limbah-penyulingan-wiski-untuk-bahan-bakar-truk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *