Limbah Wiski Diubah Menjadi Bahan Bakar Biogas, Lebih Ramah Lingkungan

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Jakarta – Glenfiddich, sebuah brand minuman keras (miras) di Skotlandia menggunakan truk ramah lingkungan sebagai kendaraan pengirimannya. Menariknya, truk tersebut menggunakan bahan bakar biogas yang terbuat dari limbah wiski.

Bacaan Lainnya

Melansir laman Hindustan Times, Rabu, 28 Juli 2021, penggunaan biogas dari limbah wiski ini diklaim dapat mengurangi polusi kendaraan hingga 95 persen dibandingkan dengan solar dan bahan bakar fosil lainnya. Kemudian juga mengurangi partikulat berbahaya lainnya dan emisi gas rumah kaca hingga 99 persen.

Perusahaan bahkan telah mendirikan stasiun pengisian bahan bakar biogas miras ini di tempat penyulingannya di Dufftown, Skotlandia. Limbah wiski ini sudah menjalankan setidaknya tiga truk pengiriman produknya ke empat pabrik di Skotlandia tengah dan barat.

Teknologi biogas miras ini dikembangkan oleh perusahaan induk William Grant & Sons. Perusahaan berinovasi untuk mengubah limbah produksi dan residunya menjadi gas Ultra-Low Carbon Fuel (ULCF). Kini semua limbah dari hasil penyulingan akan didaur ulang menjadi bahan bakar.

Glenfiddich sekarang berencana untuk mengimplementasikan teknologi biogas berbahan limbah wiski ini di seluruh armadanya yang berjumlah 20 truk. Perusahaan juga yakin penggunaan bahan bakar jenis ini dapat mengurangi emisi CO2 sebanyak 250 ton setiap tahunnya.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES | REUTERS

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Kona Bakal Memanfaatkan Kotoran sebagai Bahan Bakar





Sumber : https://otomotif.RRI.MY.ID/read/1488116/limbah-wiski-diubah-menjadi-bahan-bakar-biogas-lebih-ramah-lingkungan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *