Joey Jordison, Mantan Dramer dan Pendiri Slipknot Tutup Usia

  • Whatsapp
Joey Jordison, Mantan Dramer & Pendiri Slipknot Tutup Usia


Posted on: 07/28/21 at 7:00 am

Joey Jordison (Foto: Chelsea Lauren/Wireimage, Mick Hutson/Redferns).

Joey Jordison. Oh No! Not again. Damn. Satu per satu musisi metal dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Kali ini mantan dramer Slipknot Joey Jordison meninggal dunia di usia 46 tahun.

Baca juga: Mike Howe, Vokalis Metal Church, Meninggal Di Usia 55 Tahun

Menurut suatu pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarganya, Jordison “meninggal dengan tenang dalam tidurnya pada 26 Juli 2021”. Namun penyebab kematiannya tidak segera diungkapkan.

“Kematian Joey telah meninggalkan kami dengan hati kosong dan perasaan duka yang tidak bisa dilukiskan,” bunyi pernyataan keluarganya. “Bagi mereka yang mengenal Joey, memahami kecerdasannya yang cepat, kepribadiannya yang lembut, hati yang lapang, dan kecintaannya pada semua hal tentang keluarga dan musik”.

Faktor Kesehatan Joey Jordison

Jordison adalah salah satu pendiri Slipknot bersama Shawn “Clown” Crahan dan almarhum Paul Gray. Sang dramer bermain di band ini sampai Desember 2013. Banyak rumor dan berita bahwa doi dipecat dari band, sebenarnya ceritanya tidak seburuk itu. Doi kemudian mengungkapkan bahwa doi menderita mielitis transversa, gangguan neurologis yang disebabkan oleh peradangan pada sumsum tulang belakang yang mempengaruhi kaki dan punggungnya. Penyakit saraf (neurologi) yang otomatis membatasi kemampuannya bermain dram. Itulah sebabnya doi kena “PHK” dari band yang membesarkan namanya tersebut.

Dramer ini mengungkapkan bahwa kondisi kesehatannya itu membuat Slipknot memecatnya. Hal ini doi katakan kepada Metal Hammer pada tahun 2016 bahwa band “menjadi bingung tentang masalah kesehatan gue dan bahkan gue enggak tahu apa itu awalnya. Mereka mengira gue tergila-gila dengan obat-obatan, padahal gue sama sekali enggak”.

Penulis Lagu Kunci Slipknot

Selama masa jabatannya dengan Slipknot, Jordison adalah bagian integral dari band. Bukan cuma karena salah satu dramer metal dunia yang sangat “berbahaya”, doi adalah penulis lagu kunci dalam band, orang yang bertanggung jawab atas penulisan beberapa lagu Slipknot yang paling beken.

Permainan dramnya di Slipknot bisa disimak sejak album self-titled (1999), Iowa (2001), Vol. 3: The Subliminal Verses (2004), dan All Hope Is Gone (2008), masing-masing disertifikasi setidaknya platinum oleh RIAA. Doi juga muncul di demo album Slipknot Mate.Feed.Kill.Repeat tahun 1996 yang menampilkan Anders Colsefni, vokalis sebelum Corey Taylor bergabung dengan band.

Bahkan karena keterampilannya menulis lagu-lagu hits Slipknot, Jordison direkrut Monte Conner (A&R Roadrunner Records) untuk menjadi salah satu empat kapten untuk proyek Roadrunner United. Selain Jordison ada Robb Flynn (Machine Head), Dino Cazares (Fear Factory), dan Matt Heafy (Trivium). Masing-masing kapten memiliki tim yang terdiri dari berbagai artis/musisi dalam roster maupun alumni Roadrunner dalam rangka memperingati 25 tahun indie label besar rock/metal ini. Album kompilasi Roadrunner United – The All Star Sessions dirilis pada tahun 2006.

Joridison digantikan oleh dramer Slipknot saat ini Jay Weinberg, yang pertama kali muncul di album band tahun 2014, .5 The Grey Chapter.

Proyek Lain Joey Jordison

Setelah pemecatannya dari Slipknot, Jordison bermain di band Scar the Martyr, Vimic, dan Sinsaenum. Saat masih di Slipknot, doi juga bermain gitar di band Murderdolls.

Pada tahun 2018, Jordison menyatakan kepada Metal Wani bahwa doi “100% kembali” sejauh menyangkut kesehatannya. “Gue… lebih kuat dari sebelumnya — kedengarannya seperti kalimat yang murahan, gue mengerti. Tetapi gue butuh waktu lama, kawan, untuk pulih dan mendapatkan kekuatan gue kembali… Itu adalah hal yang paling menakutkan yang pernah gue alami dalam hidup gue dan gue gagal, mendapatkan pelatih yang tepat. Gue enggak akan bermain dram lagi”.

Baca juga: Slipknot “Look Outside Your Window” Urung Rilis, Clown Beri Alasannya

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Joey Jordison selama masa sulit ini. Mari kita tonton kembali aksi permainannya yang luar biasa di balik perangkat dram selama tampil dengan Slipknot menggeber ‘Psychosocial’ di festival Roskilde 2009. Serta atraksi solo dramnya yang fenomenal pada video berikutnya. Rest in peace m/

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi



Sumber :https://matamatamusik.com/joey-jordison-mantan-dramer-dan-pendiri-slipknot-tutup-usia/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *