Video Lawas Pesta Miras Pekerja Asing asal Tiongkok

  • Whatsapp
alexametrics


AKUN Facebook Hidayat Tussalam membagikan video dengan keterangan yang bisa bikin orang geram. Menurut dia, ada pesta minuman keras yang dilakukan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bacaan Lainnya

”Pribumi di-PPKM, TKA china asik asik pesta miras,” tulis akun tersebut pada 24 Juli 2021. Akun Hidayat juga menyertakan video penggerebekan pesta miras tersebut oleh sejumlah pemuda. Tampak pembubaran pesta miras itu dilakukan warga dengan menggunakan alat pengeras suara. Keterangan lain menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi menjelang salat Jumat di salah satu kafe di Jeneponto, Sulawesi Selatan (bit.do/PestaMirasPPKM).

Keanehan dalam video itu adalah tidak adanya seorang pun yang mengenakan masker. Baik TKA yang pesta miras maupun warga yang membubarkan. Patut dicurigai bahwa peristiwa dalam video itu bukan kejadian baru.

Saat ditelusuri, aksi pembubaran pesta miras di sebuah kafe itu memang kejadian lawas. Video yang sama pernah diunggah kanal YouTube Then 22 pada 22 Juli 2017. Jauh sebelum pandemi Covid-19 atau dimulainya PPKM darurat pada 3 Juli 2021. Judul video itu berbunyi, (Je,neponto) Pembubaran Pesta Miras TKA Cina. Disebutkan bahwa ada pesta miras yang dilakukan TKA asal Tiongkok menjelang ibadah Jumat di salah satu kafe di Jeneponto. Anda dapat melihatnya di bit.do/Juli2017.

Mengutip pemberitaan di sejumlah media massa, peristiwa dalam video itu terjadi ketika puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok menggelar pertemuan di sebuah kafe, Jl Ishak Iskandar, Kecamatan Binamu, Jeneponto, pada Jumat, 21 Juli 2017. Beberapa di RRI.MY.ID mereka membawa botol miras jenis bir dan menaruhnya di atas meja. Layaknya sedang pesta, para pekerja asing tersebut bersulang dan menenggak minuman beralkohol.

Setelah itu, belasan pemuda datang dan berusaha membubarkan para pekerja asing tersebut. Dua rak minuman jenis bir disita para pemuda dan warga. ”Ada dua rak yang kami bawa ke polres untuk ditindaklanjuti. Yang jelas, kami akan terus mengawal persoalan ini karena sangat tidak etis,” ujar Amrullah. Anda dapat membacanya di bit.do/Dibubarkan2017.





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/hoax-atau-bukan/28/07/2021/video-lawas-pesta-miras-pekerja-asing-asal-tiongkok/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *