Kasus Corona Naik Terus, Lockdown Sydney Bisa hingga September 2021

  • Whatsapp


RRI.MY.ID, Sydney – Kasus corona naik terus, lockdown Sydney bisa hingga September 2021. Berita tak sedap menghantui Negeri Kanguru, Australia. Pasalnya, pemerintah negara bagian New South Wales (NSW), melaporkan rekor jumlah kasus virus corona harian pada Selasa 27 Juli 2021 kendati sedang dalam lockdowan atau penguncian wilayah selama lebih dari sebulan.

Bacaan Lainnya

Otoritas pemerintah New South Wales melaporkan, ada 172 kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir, naik dari 145 pada Senin 26 Juli 2021 kemarin. Setidaknya, 60 kasus Covid-19 tersebut terdeteksi di dalam komunal bukan fasilitas karantina.

Pemerintah New South Wales juga mencatat, dua kematian akibat Covid-19 baru yang merupakan dua wanita yang tidak divaksinasi berusia sekitar 80 tahun.


Baca Juga: Tertinggi Selama Pandemi, per 27 Juli Ada 2.069 Pasien Corona…

Lonjakan penularan Covid-19 tersebut, seperti dilansir dari CNNIndonesia, Selasa 27 Juli 2021, memungkinkan penerapan lockdown di Sydney diperpanjang hingga September 2021 mendatang.

“Vaksinasi adalah kunci kebebasan kita. Mendapat suntikan vaksin di tangan adalah bagian penting dari strategi meredam Covid-19 kami,” ungkat Menteri Besar New South Wales, Gladys Berejiklian seperti dikutip dari Guardian.


Baca Juga: Covid Melonjak di Amerika, Kasus Mingguan Kalahkan Indonesia dan India

“Saya ingin Agustus menjadi bulan di mana semua orang maju melakukan vaksinasi. Itu adalah kunci bagi kita dapat melihat seperti apa situasi September nanti. Saya tidak berpikir siapapun dapat menyangkal, tingkat vaksinasi benar-benar kunci bagaimana kita menjalani kehidupan di NSW,” imbuhnya.

Lockdown Sydney akan berakhir pada Sabtu pekan ini. Namun, pembatasan pergerakan sosial akan tetap berlaku usai lockdown selesai akibat jumlah warga yang telah divaksin masih rendah, yaitu kurang dari 14 persen populasi kota.

Lebih dari setengah populasi Australia yang berjumlah hampir 26 juta penduduk berada dalam lockdown selama berminggu-minggu, setelah wabah Covid-19 varian Delta yang sangat menular menyebar di New South Wales dan tiga negara bagian lainnya.


Baca Juga: Puji Akidi Tio, Addie MS: Banyak Warga Indonesia Keturunan Tionghoa…

Episentrum wabah di Sydney kini telah bergeser ke arah barat kota. Satu blok gedung yang terdiri dari 50 flat diisolasi dan ditempatkan di bawah penjagaan polisi. Ini setelah enam warganya dinyatakan positif Covid-19. Semua penduduk blok di Blacktown itu sedang melakukan tes corona.

Kasus-kasus Covid-19 di flat tersebut dikaitkan dengan acara pemakaman yang berlangsung seminggu lalu, dan dihadiri sekitar 50 orang. Acara tersebut telah menyebabkan setidaknya 28 infeksi Covid-19.

Klaster corona juga terdapat di dua rumah sakit Sydney setelah dua perawat dan seorang perawat dinyatakan positif Covid-19. Padahal, sebagian petugas kesehatan di dua RS itu telah divaksinasi. Delapan pasien dua rumah sakit itu positif Covid-19.

Australia terancam memasuki status darurat nasional lantaran lonjakan kasus Civid-19 di Sydney. Pejabat di ibu kota negara bagian New South Wales itu pun meminta pemerintah pusat segera bergerak.

Kepala tenaga medis Sydney, Kerry Chant mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di kota itu sudah sangat memprihatinkan sehingga pemerintah seharusnya mendeklarasikan darurat nasional.



Sumber : https://makassar.RRI.MY.ID/kasus-corona-naik-terus-lockdown-sydney-bisa-hingga-september-2021/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *