Bukan Sekadar Makan Banyak, Pasien Isoman Wajib Tahu Saran Makanan dr. Raissa Ini Agar Lekas Sembuh

  • Whatsapp
Saran Makanan


RRI.MY.ID, Jakarta – Kamu atau keluargamu sedang isoman alias isolasi mandiri Covid-19? Kalau iya, kamu wajib baca artikel ini!

Seperti diketahui, memenuhi asupan gizi selama isolasi mandiri itu penting banget, loh!

Bukan sekadar makan yang banyak, tetapi kebutuhan nutrisi yang tepat tentunya bisa menjadi hal penting untuk menjaga imunitas sekaligus mempercepat proses penyembuhan Covid-19.

Menurut dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, SpGK dari rumah sakit MMC, Jakarta, selama isolasi mandiri, mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang sepatutnya dilakukan orang yang terpapar Covid-19.

Lantas apa sajakah saran makanan tersebut? Berikut RRI.MY.ID telah merangkumnya untuk pembaca, sebagaimana dilansir dari Kontan.co.id:

1. Buah dan Sayur-mayur

Untuk menjaga imunitas tubuh, buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang tepat ketika isoman alias ksolasi mandiri.

Menurut dr. Raissa dalam Jurnal Clinical Nutrition, disebutkan beberapa makanan yang berdampak positif pada proses penyembuhan orang yang terpapar covid-19, salah satunya, yaitu buah-buahan dan sayuran.

Cukup banyak buah yang bisa dikonsumsi kata dr. Raissa. Sebut saja, buah apel dan anggur yang memiliki kandungan nutrisi antioksidan yang tinggi. Kemudian ada juga buah citrus dan jeruk yang merupakan sumber vitamin C.

2. Makanan Berprotein dan Berkarbohidrat

Tidak hanya buah-buahan dan sayuran, rupanya mengonsumsi telur juga mampu menguatkan imun tubuh.

Dijelaskan dr. Raissa bahwa telur memiliki kandungan protein dan asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Satu butir telur juga memiliki kandungan kalori sekitar 54 kalori dan vitamin A yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, untuk melengkapinya, mengonsumsi makanan karbohidrat juga tak ada salahnya.

“Karena karbohidrat adalah sumber energi utama manusia. Jadi, bisa mengonsumsi makanan berkarbohidrat tiga sampai empat kali sehari,” terang dr. Raissa kepada Momsmoney, dikutip RRI.MY.ID pada Selasa, 27 Juli 2021.

3. Makanan/Minuman yang Tidak Mengandung Alkohol

Salah satu hal yang bisa menghambat penyembuhan Covid kata dr. Raissa adalah mengonsumsi alkohol.

Menurutnya, segala bentuk makanan atau minuman yang mengandung alkohol sangat tidak disarankan dikonsumsi saat isolasi mandiri.

4. Mengandung Protein Hewani dan Nabati

Bagi kalian yang tengah melakukan isolasi mandiri, mengonsumsi makanan berprotein sangatlah penting untuk kekebalan tubuh.

Nah, selain telur, makanan protein yang tak kalah baik bagi tubuh adalah daging sapi, aneka kacang-kacangan, dan susu.

Dijabarkan oleh dr. Raissa bahwa saat isolasi mandiri, dianjurkan sekali mengonsumsi makanan seperti daging sapi dan kacang-kacangan.

Sebab, daging sapi memiliki kandungan zink dan kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin yang banyak.

“Sebut saja kacang kedelai yang kandungan gizinya ada vitamin E dan sumber protein dan asam amino yang bagus untuk tubuh.”

5. Vitamin Hanya Tambahan

Beberapa waktu belakangan, banyak orang berburu bahkan rela antre demi membeli vitamin di apotek dan pusat perbelanjaan.

Namun, ternyata menurut dr. Raissa, vitamin memang bisa menunjang nutrisi dan mempercepat penyembuhan covid, tetapi mengonsumsi vitamin sebenarnya hanya sebagai tambahan saja, bukan yang utama.

Misalnya seperti Omega 3, Vitamin B1 Komplek, dan Vitamin C, Vitamin D, dan Zink yang bisa didapat dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan atau apotek.

“Hanya saja untuk kandungan gizi yang terbaik tetap pada bahan makanan utama,” tandas dr. Raissa.



Sumber : https://makassar.RRI.MY.ID/bukan-sekadar-makan-banyak-pasien-isoman-wajib-tahu-saran-makanan-dr-raissa-ini-agar-lekas-sembuh/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *