Jaksa Agung Minta Adelin Lis Dideportasi dari Singapura

  • Whatsapp
alexametrics


RRI.MY.ID – Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin meminta untuk mendeportasi buronan Adelin Lis dari Singapura ke Jakarta. Adelin Lis yang menjadi buronan lebih dari 10 tahun, tertangkap di Singapura, karena memalsukan paspor dengan menggunakan nama Hendro Leonardi dan dihukum Pengadilan Singapura dengan denda SGD 14.000.

Bacaan Lainnya

“Perintah Jaksa Agung membawa Adelin Lis ke Jakarta disampaikan setelah Kendrik Ali, anak dari Adelin Lis, meminta kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk diberikan surat perjalanan laksana paspor agar bisa kembali ke Medan. Melalui Kantor Pengacara Parameshwara & Partners, Adelin Lis meminta untuk menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Kamis (17/6).

Adelin Lis terlibat kasus pembalakan liar dan dijatuhi hukuman 10 tahun, serta bayar denda lebih Rp 110 miliar oleh Mahkamah Agung pada 2008. Tetapi dia melarikan diri dan kemudian memalsukan paspor dengan menggunakan nama Hendro Leonardi.

Buronan Kejaksaan Agung itu tertangkap oleh imigrasi Singapura pada 2018, karena sistem data di Imigrasi Singapura menemukan data yang sama untuk dua nama yang berbeda. Pihak Imigrasi Singapura kemudian mengirimkan surat kepada Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, untuk memastikan apakah dua nama yang berbeda itu sebenarnya merupakan sosok yang sama.

“Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Imigrasi dipastikan bahwa dua orang tersebut sama. Bahkan Ditjen Imigrasi menyebutkan, Adelin Lis memberikan keterangan palsu karena tidak pernah dikeluarkan surat terkait dengan sosok Hendro Leonardi,” papar Leonard.

Leonard menyatakan, Adelin Lis dalam persidangan mengaku bersalah, Pengadilan Singapura pada 9 Juni 2021 menjatuhi hukuman denda SGD 14.000 yang dibayarkan dua kali dalam periode satu minggu, mengembalikan paspor atas nama Hendro Leonardi kepada Pemerintah Indonesia, dan mendeportasi kembali ke Indonesia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/nasional/hukum-kriminal/17/06/2021/jaksa-agung-minta-adelin-lis-dideportasi-dari-singapura/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *