Dua Hektar Lahan Terbakar di Aceh Besar


RRI, Aceh Besar: Kebakaran menghanguskan sedikitnya dua hektar lahan perkebunan di Desa Jantho Makmur Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Kebakaran ini diduga karena adanya aktivitas pembakaran yang dilakukan oleh masyarakat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh Ilyas, di Banda Aceh mengatakan, berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Aceh Besar, peristiwa kebakaran ini terjadi pada Rabu sore. Berdasarkan laporkan petugas di lapangan yang dilakukan monitoring pada hari ini bahwa api telah berhasil dipadamkan.

Menurut Ilyas, penyebab kebakaran sendiri karena adanya aktivitas pembakaran sampah. Selain itu, cuaca kemarau mempermuda api meluas ke lahan lain yang membakar sekitar 2 hektar.

“Akibat pembakaran tumpukan sampah ilalang. Luas lahan yang terbakar ± 2 Ha,” ujarnya.

Dalam upaya pemadaman api, BPBD Kabupaten Aceh Besar mengerahkan satu unit armada damkar ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh melaporkan bahwa berdasarkan monitoring dari citra satelit pada Kamis (17/6/2021) tidak ada titik panas yang terlihat di wilayah Aceh.

“Pantauan titik panas di Provinsi Aceh pada hari ini sejak pukul 09.00 WIB pagi tadi tidak ada titik panas yang terdeteksi. Namun demikian masyarakat tetap kita imbau jangan melakukan pembakaran di area perkebunan karena saat ini masih dalam kondisi musim kemarau,” imbau Koordinator Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria Ahmad.





Sumber : https://rri.co.id/go/tLJjr3a

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *