Covid Meningkat Tak Ganggu Target Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp


RRI, Jakarta :  Bank Indonesia menilai pemulihan ekonomi akan berlanjut di triwulan II ini, melihat sejumlah indikator yang terus membaik sampai bulan Mei 2021.

“Indikator konsumsi rumah tangga meningkat sesuai pola musiman Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti penjualan eceran, terutama makanan, minuman dan tembakau, serta bahan bakar kendaraan bermotor. Perbaikan ekonomi domestik juga tercermin pada kinerja indikator lainnya, yaitu ekspektasi konsumen, penjualan online, dan PMI Manufaktur yang melanjutkan peningkatan,” papar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kamis (17/6/2021).

Sisi eksternal lanjut Perry, juga menunjukkan kinerja yang positif sehingga menopang berlanjutnya pemulihan ekonomi. Kinerja ekspor misalnya terus meningkat, khususnya pada komoditas batu bara, besi dan baja, serta kendaraan bermotor sejalan kenaikan permintaan mitra dagang utama.

Secara spasial, peningkatan ekspor terjadi di seluruh wilayah, terutama Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua).  Industri Pengolahan, Perdagangan, dan Konstruksi juga menunjukkan kinerja yang membaik.

Gubernur BI menyebutkan, di sisi lain pemulihan ekonomi domestik bergantung pada akselerasi perekonomian global, kecepatan vaksinasi, dan penguatan sinergi kebijakan.

“Meskipun dibayangi oleh peningkatan kasus Covid-19 yang muncul pada akhir triwulan II. Pertumbuhan ekonomi 2021 tetap sesuai dengan proyeksi Bank Indonesia pada April 2021, yakni pada kisaran 4,1%-5,1%,” tandas Perry. 





Sumber : https://rri.co.id/go/kdNrX97

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *