Bolehkah Ibu Hamil Pakai Sheet Mask? Yuk, Cek Kriteria Skincare yang Aman!

  • Whatsapp


Mums pasti setuju bahwa kehamilan tak semestinya menjadi penghalang untuk tetap cantik dan terawat. Permasalahannya, perubahan hormon dan anjuran menghindari zat kimia, sering kali menjadi hambatan Mums untuk menggunakan skincare. Sebelum termakan mitos yang menyesatkan seputar skincare untuk ibu hamil, yuk ulik lebih dalam infonya di sini.

Bacaan Lainnya

Kehamilan dan Perubahan Kulit

Kehamilan merupakan perjalanan yang unik. Bagi sebagian Mums, kehamilan memberikan keuntungan, seperti kulit bercahaya, pipi kemerahan, dan rambut berkilau. Namun, Mums yang lain dapat mengalami perubahan kulit yang tidak begitu menarik, seperti jerawat, bintik hitam, serta kulit kusam dan kering.

 

Penyebab dari semua kondisi ini mayoritas adalah akibat perubahan hormon. Ada beberapa kondisi kulit yang umum terjadi selama kehamilan, di antaranya:

Peningkatan aliran darah dan produksi minyak adalah faktor di balik semakin berminyaknya kulit Mums saat hamil. Sama seperti perawatan jerawat pada umumnya, menjaga kulit agar tetap bersih dan bebas minyak adalah langkah terbaik untuk mengatasi kondisi ini. Namun ingat, produk perawatan kulit dan jerawat tertentu harus dihindari selama kehamilan.

 

  • Kulit menggelap (melasma)

Peningkatan alami melanin selama kehamilan menyebabkan area kulit Mums menggelap atau mengalami hiperpigmentasi. Umumnya, melasma muncul di wajah, terutama dahi, pipi, dan di atas bibir.

 

Sejak hamil kulit Mums mudah menjadi merah, gatal, atau iritasi? Ya, peningkatan hormon bisa saja membuat Mums lebih sensitif terhadap kontak dengan zat yang biasanya tidak memengaruhi, seperti sinar matahari, panas, deterjen, pemutih, bahkan makanan tertentu. Dan jika Mums sudah memiliki masalah kulit atau tergolong sensitif sebelum kehamilan, kondisi ini bisa saja makin memburuk.

 

Perubahan hormon selama kehamilan juga bisa menyebabkan Mums kehilangan elastisitas dan kelembapan kulit. Efeknya, kulit menjadi lebih kering dan terlihat kusam, bahkan bisa terasa gatal dan terkelupas.

 

 

Skincare Apa yang Aman untuk Ibu Hamil?

Merawat kulit selama kehamilan memang perlu penanganan yang berbeda. Selain karena kulit lebih sensitif dari biasanya, Mums perlu menghindari bahan kimia yang berpotensi negatif untuk janin. Bagaimana kriteria skincare yang aman untuk ibu hamil dan apa yang perlu dihindari? Berikut rangkumannya:

 

Tidak aman

Aman

Benzoil peroksida

Kandungan kimia ini terbukti efektif untuk mengatasi jerawat dan sangat umum ditemukan di produk perawatan kulit berjerawat yang dijual bebas. Namun studi menunjukkan bahwa kandungan ini menimbulkan risiko bagi janin dan tidak boleh digunakan selama kehamilan.

Tea tree

Tea tree merupakan alternatif alami mengobati jerawat secara aman untuk ibu hamil. Memiliki sifat antimikroba, antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik yang dapat menyeimbangkan produksi minyak serta mencegah penyumbatan di kelenjar minyak sebagai penyebab komedo serta jerawat. 

Hidrokuinon

Krim pencerah atau pencerah kulit yang mengandung hidrokuinon mudah diserap ke dalam tubuh (menurut beberapa penelitian sebanyak 45 persen), dan dapat menimbulkan bahaya bagi janin.

Rice Extract

Ekstrak air beras alami memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mencerahkan kulit, hidrasi, mengencangkan dan memudarkan flek hitam.

Chemical sunscreen

Studi menunjukkan ibu hamil di trimester pertama yang mengoleskan tabir surya kimia dengan 6 persen oxybenzone dua kali sehari dapat menyerap bahan kimia ke aliran darah dan mencapai janin, menyebabkan perubahan sel yang berbahaya selama perkembangan embrio.

Mineral sunscreen

Tabir surya dengan kandungan mineral seperti zinc oxide and titanium dioxide sebagai bahan aktif, teruji aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Karena, tabir surya mineral ini hanya berada di permukaan kulit dan tidak diserap ke dalam aliran darah seperti bahan kimia.

Retinoid

Turunan vitamin A ini biasanya ditemukan dalam perawatan jerawat dan serum anti penuaan. Memiliki banyak nama yang bisa saja mengecoh, seperti asam retinoat, tretinoin, palmitat, dan retinaldehida. Produk yang mengandung retinol telah dikaitkan dengan cacat lahir yang parah dan harus dihindari selama kehamilan dan menyusui. 

Centella asiatica (daun pegagan)

Kandungan alami ini memiliki sifat antioksidan yang mencegah penuaan dan kaya akan asam amino. Penelitian juga menemukan ekstrak centella asiatica dapat melembapkan dan menenangkan kulit saat iritasi atau bermasalah.

 

Pilihan Skincare dan Sheet Mask yang Aman untuk Ibu Hamil

Nah, setelah mengetahui kandungan apa yang aman dan tidak di dalam skincare untuk ibu hamil, tentunya lebih mudah ya Mums, menyeleksi pilihannya. Lalu, bagaimana dengan sheet mask? Apakah ibu hamil boleh menggunakan sheet mask? Jawabannya, boleh saja. Asal, sheet mask tersebut tidak mengandung zat berbahaya yang perlu dihindari dalam skincare.

 

Untungnya, kini telah tersedia rangkaian lengkap produk perawatan kulit harian yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dari Mama’s Choice. Semua produk Mama’s Choice terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas kandungan kimia yang berpotensi mengiritasi kulit dan membahayakan janin.

 

Nah, produk terbaru dari Mama’s Choice yang pasti Mums suka adalah Sheet Mask. Bukan sembarang masker, Mama’s Choice Sheet Mask aman untuk kehamilan serta efektif untuk memperbaiki kondisi dan vitalitas kulit.

 

 

Mama’s Choice Sheet Mask hadir dengan 2 varian yang bisa dipilih sesuai kondisi kulit Mums, yaitu:

  1. Soothing Protective untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, dengan kandungan timun dan tea tree.
  2. Revitalizing untuk melembapkan serta mencerahkan kulit yang kusam dan kering, dengan kandungan madu dan centella asiatica.

 

Sheet Mask ini pastinya bebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi janin ataupun berpotensi mengiritasi kulit, seperti alkohol, paraben, dan pewangi buatan. Jadi, sangat aman dan cocok untuk kulit ibu hamil yang sedang sensitif.

 

Untuk hasil maksimal, gunakan bersama rangkaian skincare Mama’s Choice lainnya, dengan langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan wajah menggunakan Mama’s Choice Face Wash.
  • Setelah kering, gunakan Mama’s Choice Sheet Mask. Diamkan selama 15-20 menit, lalu lepas sheet mask dan ratakan serumnya agar menyerap sempurna.
  • Lanjutkan dengan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer 20 PA++, pelembap sekaligus sunscreen. Setelah itu, dapat langsung ditimpa dengan make up.
  • Untuk kulit segar, kenyal, dan glowing, gunakan sheet mask bersama rangkaian skincare Mama’s Choice lainnya.

 

 

Bagaimana Mums, sudah yakin dong, beralih ke skincare dan sheet mask yang aman dari Mama’s Choice? Yuk, segera manfaatkan promo terbatas, hanya Rp 109.000 untuk 6 pieces dan dapatkan free scrunchie (hemat 37% dari harga normal Rp 174.000) dengan membelinya di sini! (AS)

Referensi

Mama’s Choice. Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Today’s Parent. Beauty Products During Pregnancy

Baby Center. Safe Skin Care

Standford Childrens. Skin Changes

 





Sumber : https://www.guesehat.com/bolehkah-ibu-hamil-pakai-sheet-mask

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *