8 Hasil Fenomenal Skotlandia Saat Bertemu Inggris yang Dikenang Suporter

  • Whatsapp
Italy


“Dikenal sebagai The Auld Enemy, Inggris vs Skotlandia layaknya Real Madrid vs Barcelona. Gengsi!”

RRI.MY.ID – Laga Inggris kontra Skotlandia di Wembley akan tersaji pada Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB. Dua negeri bertetangga yang sama-sama bagian dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland itu punya catatan sejarah perseteruan panjang di sepakbola.

Rivalitas Skotlandia dan Inggris di sepakbola sebenarnya diawali dari perseteruan kedua warga di berbagai bidang kehidupan, baik politik, sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya.

Residu itu terbawa ke dalam pertandingan sepakbola. Dikenal sebagai “The Auld Enemy”, rivalitas Skotlandia dan Inggris di lapangan sudah dimulai sejak 1872 di Hamilton Crescent, Glasgow. Itu tercatat dalam sejarah sebagai pertandingan internasional pertama di dunia.

Sejak saat ini, Inggris dan Skotlandia sering bertemu di sepakbola dan selalu menghadirkan tensi panas. Jika ditotal, keduanya sudah bertemu 114 kali. Hasilnya, Inggris menang 48 kali dan Skotlandia hanya 25 kali. Rekor kemenangan terbesar juga menjadi milik The Three Lions, yaitu 9-3 pada 15 April 1961.

Kedua negara belum pernah saling berhadapan sejak hasil imbang 2-2 di Hampden Park pada 10 Juni 2017. Meski di Euro 2020 Inggris diunggulkan menang, bukan berarti The Tartan Army akan menyerah begitu saja. Sebab, mereka punya sejumlah memori indah lawan Inggris.

Berikut ini 8 pertandingan membanggakan Skotlandia atas Inggris yang dikenang suporter hingga hari ini:

1. Inggris vs Skotlandia 1-5 (31 Maret 1928)

Hampir 100 tahun lalu, Skotlandia menghancurkan Inggris di kandangnya. Skotlandia menyebutnya sebagai “The Wembley Wizards” dan suporter mengabadikan skor di tembok-tembok stadion kecil, di banyak tempat.

Berkat duo dinamis Alex Jackson dan Alex James, di tahun itu Inggris bukan apa-apa. Banyak di RRI.MY.ID penonton di stadion berkapasitas 80.868 tempat duduk tersebut berkomentar bahwa skor bisa saja jauh lebih buruk. Saat itu sepakbola di Skotlandia benar-benar sedang bergairah.

2. Inggris vs Skotlandia 0-1 (17 November 1999)

Skotlandia asuhan Craig Brown tampil buruk di leg pertama play-off Kualifikasi Euro 2000 dan melakukan perjalanan ke Wembley untuk leg kedua dengan kekalahan 0-2 di Hampden Park melalui dua gol Paul Scholes.

Inggris, yang pada waktu itu disebut-sebut “generasi emas”, cukup kepayahan menghadapi The Tartan Army di Wembley. Skotlandia mencoba untuk membalikkan defisit dua gol. Tapi, tim yang saat itu dipimpin Don Hutchinson hanya mampu unggul 1-0. Agregat akhir 2-1 untuk The Three Lions.

3. Skotlandia vs Inggris 7-2 (2 Maret 1878)

Dengan kehadiran 15.000 penggemar, Skotlandia memimpin 4-0 di babak pertama. Lalu, di babak kedua, Skotlandia sedikit memberi Inggris napas. Mereka membiarkan lawan mencetak 2 gol balasan.

Tapi, setelah itu dibalas Skotlandia dengan jumlah yang lebih banyak. Kemenangan 7-2 yang mengejutkan di Hampden Park adalah salah satu dari banyak kekalahan yang diberikan Skotlandia kepada Inggris pada 1880-an.

4. Skotlandia vs Inggris 2-2 (10 Juni 2017)

Pertandingan pertama dalam daftar ini yang tidak berakhir dengan kemenangan Skotlandia. Tapi, sulit untuk mengingat tiga menit yang lebih gemilang dalam sejarah Skotlandia baru-baru ini. Itu adalah tendangan bebas Leigh Griffith di akhir babak Kualifikasi Piala Dunia.

Pihak Gordon Strachan nyaris meraih kemenangan dan hampir-hampir saja Inggris kembali dipermalukan. Dan, laga seru ini kemungkinan akan hidup lama dalam ingatan kedua kelompok penggemar era milenial.

5. Skotlandia vs Inggris 5-1 (11 Maret 1882)

Dikapteni oleh pesepakbola kulit hitam pertama Skotlandia, Andrew Watson, tim yang hanya terdiri dari pemain-pemain dari klub amatir papan atas negara itu, Queens Park, tampil dominan pada babak kedua untuk mengalahkan Inggris. Gelontoran gol dicetak oleh Robert McPherson, John Kay, dan Geordie Ker.

6. Inggris vs Skotlandia 2-3 (15 April 1967)

Skotlandia memainkan beberapa pemain Glasgow Celtic yang baru saja memenangkan Liga Champions, yang dikenal sebagai “The Lisbon Lions” dan bersama Denis Law. Tapi mantan pemain Sunderland dan Glasgow Rangers, Jim Baxter, yang akan mencuri perhatian.

Dianggap sebagai “juara dunia tidak resmi”, Skotlandia bisa dan seharusnya mencetak lebih banyak gol pada hari yang mengejutkan itu mengingat Inggris yang sebelumnya dominan.

7. Inggris vs Skotlandia 1-2 (4 Juni 1977)

Salah satu pertemuan paling berkesan dalam sejarah, penampilan dominan Skotlandia yang satu ini mungkin paling diingat. Selain juga terjadi kekacauan pada laga ini. Setelah peluit akhir dibunyikan, tiang gawang dirobohkan dan suporter menyerbu lapangan.

Penantian 10 untuk kemenangan Skotlandia atas Inggris datang melalui serangan Gordon McQueen dan Kenny Dalglish. Meski hanya uji coba, orang-orang Skotlandia menganggapnya sebagai kemenangan final Piala Dunia.

8. Skotlandia vs Inggris 1-0 (25 Mei 1985)

Bermain di bawah guyuran hujan di Glasgow, kedua belah pihak berjuang keras dalam permainan yang memiliki sedikit kualitas, tetapi banyak untuk dikagumi dalam keberanian. 

Pertandingan itu dimenangkan melalui gol tunggal hasil sundulan pemain Dundee United, Richard Gough, di menit ke-68. Saat itu, Peter Shilton, yang menjaga gawang Three Lions, hanya bisa terpana.

(mochamad rahmatul haq/anda)





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/detail/5731/8-hasil-fenomenal-skotlandia-saat-bertemu-inggris-yang-dikenang-suporter-1.html

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *