[Cek Fakta] Kapal TNI Dikejar Kapal Malaysia

  • Whatsapp


RRI, Jakarta: Beredar sebuah video yang memperlihatkan salah satu kapal milik TNI Indonesia dikejar oleh kapal dan helikopter dari Malaysia. 

Video tersbut pertama kali viral di media sosial Facebook dengan nama akun Princesss.

Berdasarkan penelisuran ternyata kapal tersebut merupkaan kapl patroli milik Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Kapal tersebut memang terlihat seperti sedang menangkap 2 kapal asing pada tanggal 3 April 2019 lalu. 

Pada saat kapal patroli tersebut dalam proses membawa kapal Berdasarkan proses penangkapan, kapal maritim Malaysia mendekati patroli kapal KP Hiu 08 untuk meminta kedua kapal tersebut tetap berhasil tetapi menolak tawaran tersebut dan memberikan kedua kapal tersebut ke Belawan.

Kesimpulannya, video viral mengenai kapal TNI Indonesia dikejar oleh kapal dan helikopter Malaysia adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya Kapal pada video tersebut bukan kapal TNI tetapi kapal patroli dari Kementrian Kelautan dan Perikanan pada saat melakukan penangkapan dua kapal asing yang terlupakan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI).

Referensi

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=Ajp5b2fa68whttps://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNApMx3K-cek-fakta-video-pasukan-malaysia-kejar-kapal-tni-di-lautan-indonesia-ini-faktanyahttps://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/11/kronologi-kapal-patroli-ri-diteror-kapal-dan-helikopter-malaysia-saat-tangkap-illegal-fishing





Sumber : https://rri.co.id/go/L6YxYJ8

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *