Bupati dan Ketua DPRD Sukoharjo Raih Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

  • Whatsapp


SUKOHARJO – Bupati dan Ketua DPRD Sukoharjo meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020. Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo, Agustinus Setyono, di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Kabupaten Sukoharjo meraih peringkat pertama untuk kategori Kabupaten Sedang. Sementara, Bupati  dan Ketua DPRD Kabupaten Sukoharjo mendapat Peringkat Pertama kategori Green Leadership Nirwasita Tantra. Penghargaan tersebut merupakan kali ketiga diterima Pemkab dan kali kedua untuk DPRD.

Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setyono menuturkan, penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dinilai berdasarkan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) tahun 2019. Dokumen tersebut berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas, dan respon yang telah dilakukan Pemkab Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

“IKPLHD  memuat inovasi-inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup, di antaranya program kampung iklim daerah (proklim), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, serta program konsolidasi lahan pertanian dan integrated farming,” jelasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, atas penghargaan yang diberikan untuk Kabupaten Sukoharjo.

Khusus untuk DPRD, Wawan mengaku meraih penghargaan karena mendukung program-program lingkungan hidup.
Dukungan tersebut terwujud pada terbitnya peraturan daerah tentang lingkungan hidup dan dukungan anggaran untuk lingkungan hidup.

Penulis: FJ
Editor: WH/DiskominfoJtg





Sumber : https://jatengprov.go.id/beritadaerah/bupati-dan-ketua-dprd-sukoharjo-raih-green-leadership-nirwasita-tantra-2020/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *