5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Menyerang Bayi di Tahun Pertama

  • Whatsapp
5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Menyerang Bayi di Tahun Pertama


Usia 1 tahun memang masih usia rentan bagi anak-anak. Sakit sedikit, orang tua langsung panik. Apalagi bila penyebab penyakitnya bisa macam-macam, mulai dari udara, debu, ketularan orang lain, hingga reaksi alergi makanan dan minuman tertentu.

Bacaan Lainnya

 

Selama bisa mengenali gejala dan mencari tahu penanganan yang tepat, si Kecil dapat sembuh kembali seperti sedia kala. Jadi, apa sih 5 gangguan kesehatan yang rentan menyerang bayi di tahun pertama?

 

  1. Batuk dan pilek

Anak-anak sering kali menderita batuk dan pilek, setidaknya barang sebulan sekali. Jangan langsung diberi antibiotik, cukup berikan mereka banyak cairan, seperti minuman air putih dan makanan berkuah. Selain itu, biarkan mereka banyak beristirahat dan buat mereka merasa senyaman mungkin.

 

  1. Sesak napas

Sesak napas tidak selalu karena asma. Selain alergi, sesak napas juga bisa disebabkan adanya infeksi di paru-paru. Bila si Kecil mulai megap-megap disertai batuk-batuk, cek dulu gejalanya. Bila ada lendir yang sulit keluar, Mums bisa melakukan usaha menepuk punggung si Kecil.

 

Bila cara di atas tidak berhasil, segeralah membawa si Kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan sampai wajahnya membiru karena berarti anak mengalami kekurangan oksigen.

 

Khusus asma, dengarkan napas si Kecil. Bila saat sesak napasnya berbunyi nyaring, segeralah bawa ke dokter. Tidak hanya pengobatan secara teratur, mulailah membuat rencana penanganan jangka panjang agar si Kecil tetap bisa berkegiatan normal.

 

  1. Ruam dan gatal-gatal

Ruam dan gatal-gatal sering kali terjadi karena si Kecil masih memakai popok. Bokong bayi yang lama tertutup popok akan lembap dan mengalami iritasi. Gesekan RRI.MY.ID kulit dengan popok dapat menimbulkan ruam. Apalagi bila si Kecil alergi dengan popoknya.

 

Sebelum si Kecil keburu rewel, segeralah melepas popok dan mengalirkan air ke bokongnya. Pakai krim khusus yang mengandung zinc dan gosoklah kulit bayi dengan lembut. Mums harus lebih sering mengganti poponya dan menjaga agar daerah popok tersebut tidak lembap. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter terkait masalah ini.  

 

  1. Kulit kuning

Mata dan kulit si Kecil berubah menjadi kuning? Mums pasti juga panik. Keadaan bayi kuning dapat terjadi karena proses fisiologis (normal) ataupun proses yang patologis (tidak normal).

 

Kulit kuning terjadi akibat naiknya zat bilirubin, yaitu pigmen kuning hasil dari pecahnya hemoglobin di dalam hati. Bisa jadi gejala ini disebabkan oleh kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, sampai kekurangan enzim G6PD. Untuk amannya, segera periksakan si Kecil ke dokter begitu mengalaminya.

 

  1. Sembelit

Sembelit juga gejala kesehatan yang dialami si Kecil. Hal ini bisa terjadi bila anak kekurangan cairan atau sedang mengalami adaptasi saat mencoba makanan padat pertamanya. Untuk tindakan pertama, berikan si Kecil cairan yang cukup. Mulai dari perbanyak ASI dan memijat perutnya dengan lembut. Hindari memberikan obat pencahar kepada anak.

 

Temukan Dokter Anak yang Cocok

Mendapatkan dokter anak yang cocok memang susah-susah gampang. Selain lokasinya harus sedekat mungkin dari rumah, dokter juga harus bisa membuat si Kecil merasa nyaman dan Mums bisa mempercayai mereka.

 

Itulah 5 gangguan kesehatan yang rentan menyerang bayi di tahun pertama kehidupannya. Jangan takut danpanik. Segera tangani agar si Kecil kembali sehat dan ceria lagi. (AS)

 

Referensi

Raising Children: Babies (3-12 months)

KidsHealth: Your Child’s Checkup: 1 Year (12 Months)

 





Sumber : https://www.guesehat.com/5-gangguan-kesehatan-yang-rentan-serang-si-kecil-di-tahun-pertama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *