Top 3 Tekno Berita Kemarin: UI Dirundung, Prediksi Peluang Juara Euro 2020

  • Whatsapp


Bacaan Lainnya

RRI.MY.ID, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 15 Juni 2021, diawali dari poster Universitas Indonesia (UI) menyambut calon mahasiswa baru yang viral di media sosial. Desain poster dengan gambar sejumlah perwakilan mahasiswa di langit (dengan awan dan curahan sinar matahari) yang dimaksudkan untuk menyambut peserta lolos SBMPTN itu mengalami perundungan.

Masih soal pengumuman SBMPTN, artikel dari Universitas Padjadjaran Bandung menempati artikel terpopuler berikutnya. Disebutkan, banyak pendaftar SBMPTN 2021 ke kampus ini mengincar Fakultas Hukum. Disusul di belakangnya adalah Fakultas Psikologi.

Artikel ketiga datang dari hasil prediksi tim peneliti internasional terhadap kandidat juara turnamen UEFA Euro 2020 yang sedang bergulir. Tim mengkombinasikan sejumlah model statistik yang dikembangkan di sejumlah kampus dengan kemampuan machine learning.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 15 Juni 2021, selengkapnya,

1. Riuh Poster UI Sambut Mahasiswa Baru, Netizen: Kayak Orang Mau Masuk Surga

Universitas Indonesia atau UI memberikan ucapan selamat kepada calon Mahasiswa Barunya yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Ucapan tersebut diunggah lewat akun media sosial Twitter UI @univ_indonesia pada Senin, 14 Juni 2021.

“Selamat bagi calon Mahasiswa Baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN. Bagi kamu yang belum berhasil, tidak perlu kecewa karena masih ada jalur SIMAK UI. Yuk, bisa yuk! Ikuti dan pantau akun Media Sosial Resmi UI untuk mendapatkan informasi resmi penerimaan mahasiswa baru,” begitu bunyi informasi di kolom kutipan.

Poster UI sambut mahasiswa baru Twitter @univ_indonesia

Unggahan tersebut disertai dengan flyer atau selebaran dengan sekelompok mahasiswa menggunakan almamater UI berwarna kuning, melayang di atas awan dengan latar belakang langit dan keterangan bertuliskan, “Selamat Datang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2021”.

2. Hasil SBMPTN 2021 di Unpad: Ilmu Hukum Terfavorit, Manajemen Paling Ketat

Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2021 di Universitas Padjadjaran (Unpad) diketahui banyak yang mengincar Fakultas Hukum. Fakultas ini jadi pilihan terfavorit dengan 3.408 pendaftar. Menyusul di belakangnya adalah Fakultas Psikologi dengan jumlah 3.189 peminat.

Terfavorit ketiga dan seterusnya yaitu Pendidikan Dokter dengan pendaftar 3.088 orang, kemudian Manajemen (2.804), Ilmu Komunikasi (2.652), dan Teknik Informatika (2.430). Pilihan favorit lainnya yaitu Farmasi (1.981), Ilmu Hubungan Internasional (1.910), Ilmu Keperawatan (1.796), dan Akuntansi (1.539).

Universitas Padjajaran atau Unpad. unpad.ac.id

“Program studi yang menjadi favorit tidak jauh berbeda dengan tahun lalu,” kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, Senin 14 Juni 2021.

3. Euro 2020, Tim Peneliti Sebut Peluang Juara Prancis yang Terbesar

Turnamen sepak bola Piala Eropa, UEFA Euro 2020, akhirnya bergulir sejak Jumat 11 Juni lalu, setelah tertunda setahun karena pandemi Covid-19. Favorit juara tahun ini adalah Prancis dengan peluang yang tertinggi di RRI.MY.ID 23 kontestan yang lain. Ini menurut hasil prediksi tim peneliti gabungan dari Jerman, Austria, Belgia, dan Norwegia yang membuat perkiraan menggunakan teknik hibrida model statistik dan machine learning.

Tim peneliti itu terdiri dari Andreas Groll dan Franziska Popp (dari TU Dortmund, Jerman), Gunther Schauberger (TU Munich, Jerman), Christophe Ley dan Hans Van Eetvelde (Ghent University, Belgia), Achim Zeileis (University of Innsbruck, Austria) dan Lars Hvattum (Molde University College, Norwegia).

Ilustrasi Euro 2020. (uefa.com)

Mereka mengkombinasikan beberapa model statistik berisi kekuatan tim-tim peserta dengan informasi tentang struktur tim maupun faktor-faktor sosial-ekonomi negara asal seperti ukuran populasi dan pendapatan kotornya (gross domestic product). Adapun informasi struktur tim mencakup nilai pasar, jumlah pemainnya yang bermain di Liga Champions, dan performa klub tempat bermain para pemainnya itu.





Sumber : https://tekno.RRI.MY.ID/read/1473011/top-3-tekno-berita-kemarin-ui-dirundung-prediksi-peluang-juara-euro-2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *