TIPS AND TRICK cara mencegah sepeda motor kita aman dari maling . .

  • Whatsapp


 Pencurian sepeda motor biasanya marak terjadi saat bulan puasa atau jelang lebaran. 

Untuk itu, penting bagi semua pemilik motor agar meningkatkan keamanan. Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang mengatakan, meski tidak ada yang pasti, sebetulnya ada beberapa cara untuk mencegah kemalingan motor. 

“Pertama parkir di tempat yang aman, lalu usahakan gunakan kunci tambahan (bisa berupa gembok atau rantai di bagian ban),” kata Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sekarang ini, sudah banyak dijual bermacam-macam kunci tambahan untuk meningkatkan keamanan motor. 

Ada yang ditempatkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker, hingga di bagian kunci kontak. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Begitu pula dengan material yang digunakan.

“Kunci pengaman tambahan pada dasarnya hanya berguna untuk mempersulit atau mencegah pelaku melakukan curanmor, tapi tidak menjamin mengagalkan aksi pencurian,

” kata Agus. Agus menambahkan, selalu tutup slot di bagian kunci motor (kunci magnetik). Lalu, hal yang biasanya lupa dilakukan pemilik motor adalah mencabut kunci motor dan mengunci setang.

Selain menggunakan kunci tambahan, pengaplikasian alarm juga perlu agar motor semakin aman. Tindakan preventif ini dinilai cukup efektif. 

Tapi, sebelum memasang alarm tambahan, ada yang perlu diperhatikan. Pada motor baru, pemasangan alarm tambahan dengan membuka salah satu kabel akan menggugurkan garansi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *