5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido 

  • Whatsapp
5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido  - Foto 1


RRI.MY.ID, Kabar duka menyelimuti dunia olahraga nasional. Salah satu putra terbaik Markis Kido mengembuskan napas terakhir pada Senin (14/6/2021) malam WIB.

Bacaan Lainnya

Markis dikabarkan meninggal saat tengah bermain badminton bersama rekan-rekannya di GOR Petrolin, Alam Sutera, Tangerang. Dikutip dari situs badmintonindonesia.org, Kido tiba-tiba terjatuh dan tak sadarkan diri. Keterangan tersebut disampaikan sesama mantan atlet bulutangkis nasional, Candra Wijaya.

Berikut kronologis meninggalnya Kido dan juga sejumlah atlet lain di Tanah Air dan dunia karena dugaan serangan jantung:

1. Kisah Markis Kido 

Instagram/badminton.ina

Candra Wijaya yang saat itu ada di tempat kejadian ketika Kido jatuh pingsan menceritakan, “Saya duduk di pinggir lapangan melihat Kido terjatuh. Dan saya lari menolong. Dia tidak sadarkan diri dan mengorok.”

Ibunda Kido, Zul Asteria, yang tegar dengan kepergian sang anak mengungkap Kido memiliki riwayat darah tinggi. “Saya kira tadi hanya stroke, karena dia kan punya darah tinggi terus mungkin jatuh dan pembuluh darahnya pecah. Saya berdoanya begitu tapi ternyata mas Kido diambil,” ucap sang ibunda.

2. Ricky Yacobi

5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido  - Foto 2
Instagram/Istimewa

Mantan pesepak bola nasional Ricky Yakobi juga dikabarkan meninggal karena serangan jantung. Ia mengembuskan napas terakhir pada November 2020 juga saat sedang bermain sepak bola.

Ia meninggal di Rumah Sakit Mintoharjo. Dari keterangan rekannya yang juga ikut bermain kala itu, Lodi Hutabarat, Ricky tiba-tiba jatuh di lapangan sesaat setelah mencetak gol.

Menurut Lodi, mantan pemain kelahiran 21 Maret 1963 tersebut bermain 15 menit dan berhasil mencetak gol. Belum lagi melakukan selebrasi untuk golnya, Ricky terjatuh, pingsan, dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit.

3. Eri Irianto

5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido  - Foto 3
Instagram/pantiasuhanbonek

Kasus serangan jantung juga dialami pesepakbola nasional Eri Irianto. Eri meninggal saat bermain bola pada 3 April 2000. Saat itu Eri bermain untuk Persebaya melawan PSIM Yogyakarta di Stadion 10 November, Surabaya. Ia sempat bertabrakan dengan pemain PSIM asal Gabon, Noujine Kinga.

Eri lalu pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Malam harinya Eri dinyatakan meninggal karena serangan jantung. Pemain yang lekat dengan nomor 19 ini meninggal di usia 26 tahun.

4. Marc-Vivien Foe

5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido  - Foto 4
bbc.co.uk

Gelandang Kamerun ini jatuh pingsan di tengah laga Piala Konfederasi pada 2003. Petugas medis berusaha menyadarkannya di lapangan sebelum membawa pemain 28 tahun tersebut ke luar lapangan untuk mendapat perawatan medis segera.

Sayang, nyawanya tak tertolong. Ia kemudian meninggal dunia.

5. Antonio Puerta

5 Atlet yang Meninggal karena Serangan Jantung, Legenda Persebaya hingga Markis Kido  - Foto 5

goal.com

Gelandang Sevilla ini tiba-tiba jatuh pingsan ketika melakukan joging di tengah laga La Liga musim 2007/2008 melawan Getafe. Ia sempat ditolong tim medis dan bisa ke luar lapangan dengan berjalan. Tapi, ia kolaps lagi di ruang ganti.

Puerta kemudian dilarikan ke rumah sakit. Tiga hari kemudian ia dinyatakan meninggal karena ‘kegagalan beberapa organ’ akibat serangan jantung di usia 22 tahun.[]

  





Sumber : https://RRI.MY.ID/5-atlet-yang-meninggal-karena-serangan-jantung-legenda-persebaya-hingga-markis-kido

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *